Sukses

Ratusan Orang Ikuti Operasi Katarak dan Khitan Gratis Emtek Group

Ratusan penderita katarak yang mayoritas lansia ini sudah bersiap-siap sambil menunggu giliran operasi sejak pukul 08.00 Wita.

Liputan6.com, Lombok - Ratusan orang mengikuti operasi katarak dan ‎khitan gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagian besar yang mengikuti operasi katarak tersebut adalah orang lanjut usia (lansia). Acara ini diselenggarakan Emtek Group.

"‎Ada 150 pasien katarak, 50 Pterygium, dan 100 anak yang dikhitan secara gratis. Juga ada pembagian gratis kaca mata bagi lansia‎ berjumlah 100," kata Direktur RSUD Praya Tengah, Muzakir Langkir‎, kepada Liputan6.com di lokasi, Selasa (9/2/2016).

Muzakir mengatakan, pasien tersebut diambil dari beberapa puskesmas di sekitar wilayah Praya dan Lombok Tengah. Pendaftaran melampirkan kartu identitas dan keterangan sakit katarak.

"Iya tidak peduli mau kaya atau tidak, sama dengan yang khitan juga. Ini sifatnya yang berminat saja" ujar dia.

Ratusan penderita katarak yang mayoritas lansia ini sudah bersiap-siap sambil menunggu giliran operasi sejak pukul 08.00 Wita.

Bagi-bagi Kaos

Sebelum dioperasi, para penderita katarak ini berkumpul terlebih dulu dan dibagikan kaos Pundi Amal SCTV yang berwarna oranye dan kaos Yayasan Peduli Kasih Indosiar berwarna hijau.

Adanya operasi gratis ini mendapat penjagaan ketat dari aparat. Beberapa personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol-PP berjaga di pintu masuk rumah sakit sambil membantu para penderita.

Sementara itu, di luar gedung, puluhan spanduk dan umbul-umbul SCTV dan Indosiar menghiasi area rumah sakit yang baru dibangun sejak 2006. Umbul-umbul setinggi 4 meter itu hampir menutupi papan nama rumah sakit.  

Adanya spanduk SCTV dan Indosiar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung selfie di depan logo Indosiar dan SCTV yang terpampang di spanduk.

"Mumpung ada logonya di sini, saya selfie saja. Buat dijadikan status facebook," ucap Rian, warga Jelojok Kopang.

Acara tersebut diselenggarakan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) yang menaungi, di antaranya, Indosiar dan SCTV. Emtek Group bekerja sama dengan pemerintah Provinsi NTB dan RSUD Praya serta didukung dokter dari TNI Angkatan Laut.‎ Rencananya, acara tersebut juga akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.