Sukses

Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru China di Berbagai Belahan Dunia

Tak perlu bingung mencari tempat menjual barang atau akseoris untuk kebutuhan Imlek-mu karena kamu bisa mendapatkannya secara online.

Liputan6.com, Jakarta Imlek sama seperti dengan tahun baru masehi atau tahun baru hijriah umat Islam, di mana akan dirayakan setiap tahunnya, sesuai dengan perhitungan tahun China. Dalam perayaan Imlek ini, masyarakat Tionghoa di belahan dunia mempunyai tradisi uniknya tersendiri.

Biasanya setiap negera mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemui di negara lain, namun tidak meninggalkan ciri khas atau makna dari Imlek itu sendiri. Berikut ini adalah perayaan Imlek unik di berbagai belahan dunia:

China

Saat Tahun Baru Imlek, biasanya masyarakat Tiongkok ini mudik ke kampung halamannya. Di jalanannya akan penuh dengan kendaraan transportasi yang penuh sesak dengan warga yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

Warga Tiongkok menganggap bahwa saat tahun Baru Imlek adalah saat yang tepat untuk berkumpul dengan para anggota keluarga setelah sebelumnya mereka disibukkan dengan aktivitasnya sendiri-sendiri.

Malaysia

Jalanan di Malaysia saat perayaan Imlek ini justru terbilang sepi. Hal ini disebabkan para masyarakat Tionghoa di Malaysia mudik untuk merayakan Imlek bersama para keluarganya. Tradisi di sana, bagi pasangan yang sudah menikah akan merayakan di pihak laki-laki, mereka juga akan mengunjungi sanak famili satu sama lain. Mereka juga akan membagikan angpau kepada mereka yang belum berkecukupan.

Sementara untuk yang tidak merayakan Imlek biasanya saat Tahun Baru Imlek ini mereka gunakan untuk jalan-jalan di mal atau liburan seru lainnya. Tak jarang mereka pun juga ikut dalam open house yang diadakan masyarakat Tionghoa yang merayakannya.

Singapura

Di Singapura, tepatnya di Chinatown Street Light Up akan diselenggarakan pertunjukan gratis berupa barongsai dan berbagai pertunjukkan hiburan tradisional lainnya. Pertunjukan tradisional tersebut seperti Chinghay, yakni parade yang isinya berupa karnaval-karnaval mewah atau River Hongbao, yakni perayaan yang berisi dengan sajian lively street performances.

Taiwan

Di Taiwan biasanya diadakan doa bersama atau yang disebut dengan Tien Kuang Ming Teng yang dilakukan di Klenteng Taiwan. Biasanya di Klenteng juga akan membuat Spring Ox yang terbuat dari kertas, ini dianggap mempunyai tuah keberuntungan jika disentuh. Tak ketinggalan juga akan dibuat beberapa aksesoris sebagai symbol keberuntungan yang biasa disebut dengan Ci Sing Ping An Brigde. Jembatan ini akan dilalui oleh para pendoa dan inti dari doa-doa tersebut adalah agar keberuntungan-keberuntungan berpihak padanya.

Indonesia

Salah satu tempat yang merayakan Imlek secara besar-besaran adalah di Semarang, tepatnya di Klenteng Sam Poo Kang. yang merupakan klenteng terbesar di kota tersebut. Biasanya di Klenteng ini diadakan pentas seni dengan puncak acara pada tengah malam yang menghadirkan pertunjukan khasnya berupa wushu, wayang potehi (wayang golek khas Tiongkok), dan tentu saja Barongsai.

Tak lupa juga melakukan bersih-bersih di rumah. pada tanggal 23 dan 24 sebelum perayaan Tahun Baru Imlek. Mereka percaya bahwa membersihkan rumah berarti juga menyapu bersih nasib buruk yang telah terakumulasi di dalam selama setahun terakhir. Ini juga sebagai persiapan rumah menyambut keberuntungan yang baru.

Setelah rumah dibersihkan, biasanya juga dipasang berbagai aksesoris atau hiasan imlek yang diletakkan di meja atau sudut-sudut ruangan. Fungsinya untuk menambah keindahan ruangan di rumahmu dan juga sebagai simbol kekayaan bagi penghuni rumah.

Kamu tidak perlu bingung mencari tempat di mana menjual barang atau akseoris untuk kebutuhan Imlek-mu karena kamu bisa mendapatkannya secara online di Bukalalapak. Situs jual beli online mudah dan terpercaya ini menyediakan berbagai aksesoris Imlek 2016 atau perlengkapan lain bernuansa merah khas Imlek dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa cek koleksi bernuansa Imlek di Bukalapak dengan mengetikkan barang Imlek kebutuhanmu pada kolom pencarian di Bukalapak atau cukup klik di sini. Semuanya ada, lengkap dengan kualitas dan penawaran harga terbaik.

Menariknya lagi adalah kamu bisa mendapatkan aksesoris atau kebutuhan lain untuk merayakan Imlek di Bukalapak dengan harga yang lebih murah dengan menggunakan Diskon Magic di Bukalapak. Eits, bagi kamu yang tidak merayakan Imlek juga tetap bisa lho mendapatkan promo ini, asyik ya?

Jadi tunggu apalagi, belanja sekarang di Bukalapak dan jangan sampai kehabisan karena periode promo diskon belanja Imlek 2016 (di bold dan hyperlink ke https://www.bukalapak.com/diskon-tahun-baru-imlek) ini hanya dari tanggal 6 – 8 Februari 2016 saja.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.