Sukses

Bencana Kelaparan di Yahukimo, 113 Tewas

Bencana kelaparan yang menimpa Kabupaten Yahukimo, Papua telah merenggut 113 nyawa. Namun, Wagub Papua mengaku belum mendapat laporan resmi dari pemerintah kabupaten Yahukimo.

Liputan6.com, Jayapura: Wakil Gubernur Papua Alex Hasegem, baru-baru ini mengaku belum menerima laporan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, terkait adanya bencana kelaparan di wilayah tersebut. Sebelumnya sejumlah media massa melansir laporan dari Yayasan Kristen Pelayanan Sosial Masyarakat Indonesia (Yakpesmi) yang menyatakan sejak Januari hingga Agustus 2009, sedikitnya 113 warga Yahukimo tewas akibat kekurangan asupan gizi.

Alex mengatakan telah mengetahui informasi tersebut dari media massa, namun pihaknya belum bisa menurunkan bantuan sebab belum menerima laporan resmi dari Pemkab Yahukimo. Menurut Alex, pemda telah menurunkan tim menuju Yahukimo untuk mengecek kebenaran berita yang dilansir oleh Yakpesmi. Mengenai jumlah korban tewas, Wagub Papua itu membantah jumlah yang dilansir oleh Yakpesmi. Menurutnya tak semua korban tewas diakibatkan kelaparan.

Menurut Koordinator Yakpesmi, Izak Kipka, dari total 113 orang yang tewas, kebanyakan berasal dari tujuh distrik (kecamatan). Yakni Distrik Langda, Bomela, Seradala, Suntamon, Walma, Pronggoli, dan Heryakpini. Izak mengaku penyebab kelaparan yang menimpa Kabupaten Yahukimo ini karena tingginya curah hujan yang turun sejak empat bulan terakhir. Akibatnya sejumlah jenis tanaman yang dijadikan makanan pokok masyarakat mengalami gagal panen.

Selain itu akibat cuaca yang sering hujan dan kurangnya asupan gizi, mengakibatkan berkembangnya berbagai penyakit di masyarakat. Seperti diare, malaria, sesak nafas dan paru-paru basah. Ironisnya hampir separuh dari korban yang tewas adalah anak-anak. Izak menambahkan, faktor buruknya cuaca juga menyebabkan beberapa penerbangan yang biasanya memuat bahan makanan dan obat-obatan batal diberangkatkan. Akibatnya banyak warga sakit yang tak sempat mendapat perawatan medis hingga tewas.

Bencana kelaparan di Kabupaten Yahukimo ini bukanlah yang pertama. Pada 2005 silam, bencana serupa pernah menimpa kabupaten ini dan 55 orang tewas. Ratusan lainnya pun kritis akibat kekurangan asupan gizi.(TES/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.