Sukses

Kilas Indonesia: Tanggul Cimanuk Jebol, Ratusan Rumah Terendam

Banjir juga merendam tambak dan areal persawahan setinggi 1 meter.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Banjir setinggi 1 meter merendam jalan penguhubung antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan di Bangka Belitung. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (8/2/2016).

Akses terputus 300 meter. Kendaraan pun mengular hingga 1 kilometer. Warga memanfaatkan rakit buatan untuk menyeberang, tak sedikit yang berputar arah mencari jalan alternatif.

Di Tegal, Jawa Tengah, banjir merendam ratusan rumah di Desa Mejasem Timur dan Desa Dampyak. Akibatnya aktivitas warga terganggu. Warga mengeluhkan sistem drainase yang buruk dan tidak adanya resapan air di permukiman warga.

Di Indramayu, Jawa Barat, ratusan rumah di Blok Waledan terendam banjir, pascajebolnya tanggul sungai Cimanuk pada Minggu sore 7 Februari kemarin.

Banjir juga merendam tambak dan areal persawahan setinggi 1 meter. Warga mengungsi ke tempat lebih aman.

Sementara di Lamongan, Jawa Timur, hujan deras juga membuat tanggul Sungai Mengkuli jebol sepanjang 11 meter. Seluruh rumah di Dusun Doro Gede terendam air bercampur lumpur, beruntung air cepat surut, tapi warga masih harus membersihkan rumah mereka dari sisa lumpur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.