Sukses

VIDEO: Tradisi-tradisi Unik Khas Imlek

Seperti layaknya suatu etnis, Tionghoa juga memiliki berbagai tradisi menarik dan unik.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Tiongkok atau biasa disebut Imlek, sudah akrab bagi masyarakat Indonesia. Berbagai tradisi khas Imlek juga sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah barongsai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (8/2/2016), barongsai diperkirakan masuk ke Indonesia sejak abad ke-17, saat terjadi migrasi besar-besaran dari Tiongkok Selatan. gerakannya yang energik, tangkas dan terkadang genit menggoda membuat kesenian barongsai cepat disukai.

Kemeriahan Imlek tentunya kurang meriah tanpa dekorasi. Ibarat masakan tanpa garam. Dominasi warna merah dan emas tentunya akan membuat suasana semakin meriah. Ya, Lampion.

Selain itu, ada juga yang identik dengan Imlek. Pohon jeruk Imlek atau jeruk kimkit. Warna kuning jeruk dipercaya simbolisasi dari emas atau kekayaan. Jadi makin banyak jeruk di satu pohon, makin melimpah rezeki pemiliknya.

Harga pohon jeruk kimkit bervariasi. Ukuran 40 centimeter dihargai Rp 700 ribu. Ukuran 'M' atau setinggi 1 meter, harganya Rp 1,3 juta. Ukuran 'L' atau setinggi 1,2 meter, harganya lebih mahal 200 ribu rupiah dari ukuran 'M'. Ukuran 'XL' dipatok dengan harga Rp 3,7 juta.

Ada lagi yang lebih mahal, Rp 7 juta. Tingginya 1,8-2 meter. Dan yang paling besar alias super jumbo dipatok dengan harga Rp 8 juta. Fantastis.

Tidak hanya sekadar sebagai dekorasi, tapi pohon jeruk kimkit juga biasa dijadikan parsel atau hadiah untuk kerabat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.