Sukses

7 Korban Tewas Longsor Purworejo Ditemukan, Operasi SAR Ditutup

Tim SAR terakhir menemukan 2 koban tewas longsor di Purworejo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian 2 korban longsor di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, membuahkan hasil. Tim SAR gabungan menemukan kedua jenazah tersebut di lokasi longsor di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Minggu 7 Februari 2016.

"Dua korban tewas longsor Purworejo yang ditemukan, yaitu Triyanto (10) pada pukul 15.15 WIB dan Salimah (60) sekitar pukul 15.30 WIB. Dengan demikian, 7 korban longsor telah ditemukan semua dalam kondisi meninggal dunia," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu 7 Februari 2016.

Sutopo menjelaskan, upaya pencarian korban oleh sekitar 700 personel tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Tagana, Basarnas, PMI, relawan dan warga dihentikan karena semua korban longsor Purworejo sudah ditemukan.

Menurut Sutopo, tingginya solidaritas dan panggilan kemanusiaan menyebabkan banyak petugas BPBD kabupaten/kota di luar Purworejo yang datang membantu penanganan darurat. Misalnya dari BPBD Banjarnegara, BPBD Magelang, BPBD Kebumen, BPBD Wonosobo dan lainnya.

Begitu pula relawan berdatangan dari daerah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. "Tanpa diminta mereka hadir membantu mencari korban di tempat bencana," imbuh Sutopo.

"Semangat gotong royong dan tanpa pamrih ini merupakan salah satu modal sosial yang luar biasa dimiliki masyarakat, sehingga penanganan bisa dengan baik," lanjut Sutopo.

Saat ini masih ada 9 orang yang diungsikan ke rumah warga sekitar lokasi longsor. Namun, BPBD Purworejo telah memberikan bantuan bagi warga yang mengungsi. "Sebagian masyarakat menghendaki agar direlokasi ke tempat yang lebih aman," tutup Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini