Sukses

Metro Sepekan: Sikap Tenang Jessica dan Motif Pembunuhan Mirna

Sang desainer ini begitu tenang di detik-detik kematian Mirna. Psikolog menuduh sikap Jessica mengarah pada seorang psikopat.

Liputan6.com, Jakarta - Misteri di balik kasus Mirna masih menjadi buah bibir di tengah masyarakat luas. Perlahan, motif dugaan tersangka Jessica Kumala Wongso dalam kasus tewasnya Wayan Mirna Salihin, Rabu 6 Januari 2016, mulai mendapat titik terang.

Hal itu terungkap dari hasil profiling tim Psikologi Polri. Jebolan desain grafis kampus di Australia itu diduga memiliki kepribadian ganda. Namun, apa yang mendorong Jessica melakukan kejahatan yang dituduhkan, masih menjadi tanda tanya.

Ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang dihindari Jessica saat wawancara psikolog. Yaitu soal hubungan Jessica dengan lawan jenis.

Selain itu, suami Mirna, Arief Soemarko mulai buka suara terkait kematian istrinya. Usai pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Arief menegaskan apa yang selama ini dikatakan Jessica soal kematian istrinya adalah bohong.

Berikut kumpulan berita Metro Sepekan yang dihimpun Liputan6.com.

1. Terungkap di Balik Sikap Tenang Jessica Saat Mirna Kejang

Jessica di tahanan Polda Metro Jaya | Via: liputan6.com

Wayan Mirna Salihin tewas usai menyeruput kopi Vietnam di Kafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Saat itu Mirna bersama dua temannya, Jessica Kumala Wongso dan Hanie. Kedua teman korban bereaksi berbeda saat korban kejang usai kopi bercampur sianida melewati tenggorokan Mirna.

Psikolog Polri yang memeriksa langsung Jessica, Ajun Komisaris Besar Rinny Wowor mengatakan, kepanikan terjadi apabila seseorang tidak mengetahui apa yang akan terjadi.

Ini berbeda dengan mereka yang mengetahui apa yang akan terjadi, yaitu bersikap tenang atas apa yang telah terjadi.

Selengkapnya...

2. Suami Mirna: Semua Omongan Jessica Bohong

Suami Mirna, Arief Soemarko (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Suami Wayan Mirna Salihin, Arief Soemarko, dan kembaran Mirna, Made Sandy Salihin, kompak mengatakan keterangan Jessica Kumala Wongso bohong.

Arief mengaku telah berdiskusi dengan penyidik kepolisian dan mendapati fakta-fakta yang dikantongi aparat terkait tewasnya Mirna.

"Dari fakta-fakta penyidik, dengan ini saya yakin bahwa apa pun yang diomongkan Jessica di media adalah bohong. Semuanya bohong. Itu saja yang bisa saya sampaikan," kata Arief di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 2 Februari 2016.

Selengkapnya...

3. Reaksi Jessica Lihat Jasad Mirna, Cantik Ya...

Meski tak mengenal sosok Wayan Mirna Salihin, kamu juga pasti akan geram dengan tersangka yang tega membunuh Mirna, bukan?

Ketenangan Jessica Kumala Wongso membuat ayah Wayan Mirna Salihin, Edi Darmawan Salihin, takjub. Apalagi saat Jessica melihat Mirna sudah tak lagi bernyawa.

"Saat itu saya menuju RS Abdi Waluyo. Saya kaget lihat Mirna sudah kaku begitu," ujar Edi dalam Indonesia Lawyers Club, Selasa, 2 Februari 2016.

Edi pun bertanya-tanya mengapa Mirna bisa meninggal. Setelah diberi tahu Mirna baru saja minum kopi, Edi tak habis pikir kenapa kopi bisa merenggut nyawa Mirna. Apalagi selama ini Mirna sehat, tidak ada penyakit.

Selengkapnya...

4. Psikolog Polri: Jessica Ada ke Arah Psikopat

Tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, saat rekonstruksi. (Istimewa)

Psikolog Polri yang memeriksa langsung tersangka pembunuhan berencana kasus Mirna Salihin, Ajun Komisaris Besar Rinny Wowor, menduga ada perilaku tersangka yang mengarah pada psikopat.

"Ada dorongan yang mengarah pada sifat psikopat, namun bukan berarti dia antisosial yang benar-benar putus dengan sosial. Dia menyadari perilaku dan konsekuensi atas apa yang dia lakukan," kata Rinny dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat, 5 Februari 2016.

"Ada kemarahan cukup besar yang membuat dia melakukan seperti itu," dia menambahkan.

Selengkapnya...

5. Mengintip Hobi Jessica di Tahanan

Jessica Kumala Wongso (kanan) saat di gelandang petugas Polda Metro Jaya ke ruang tahanan, Sabtu (30/1). Mukanya tampak lesu saat dibawa oleh belasan petugas menuju tahanan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sepekan sudah Jessica Kumala Wongso mendekam di sel tahanan Mapolda Metro Jaya. Tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin ini kini mulai terbiasa menjalani kegiatan sehari-hari di sel tahanan.

Selain serangkaian pemeriksaan yang masih dijalani hingga saat ini, Jessica rupanya memiliki hobi di tahanan. Perempuan 27 tahun itu kini senang membaca majalah.

"Kalau sehari-hari biasanya baca majalah wanita," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Barnabas saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 6 Februari 2016.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini