Sukses

Tim SAR Hentikan Pencarian Korban Longsor Purworejo

Pencarian akan kembali dilanjutkan pada Minggu 7 Februari 2016 pagi.

Liputan6.com, Purworejo - Tim SAR gabungan menghentikan pencarian korban yang tertimbun tanah longsor di Dusun Suwinong, Desa Penungkulan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pencarian akan kembali dilanjutkan pada Minggu 7 Februari 2016 pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Budi Harjono di Purworejo mengatakan, tim SAR ditarik dari lokasi pencarian korban longsor pada pukul 17.30 WIB.

"Sementara tim SAR dari berbagai unsur, baik Basarnas, BPBD, TNI, Polri, relawan, dan masyarakat kami tarik karena jika dilanjutkan juga tidak efektif karena semua sudah capek," kata Budi di Purworejo, Sabtu (6/2/2016) seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan, sembari memulihkan tenaga, tim SAR malam ini beristirahat dan bakal memulai pencarian pada Minggu pukul 07.30 WIB. Pencarian korban besok difokuskan pada satu titik di lokasi rumah Rahman.

"Mudah-mudahan tidak jauh dari lokasi tersebut dan cepat ditemukan," harap dia.

Dari 7 korban yang tertimbun longsor di Dusun Suwinong, 5 di antaranya telah ditemukan tim SAR. Mereka adalah Amat Saringat, Salmah, Triyanto, Fitri, dan Sumini. Sedangkan 2 korban yakni Rahman dan Suprapti belum dtemukan.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo pada Jumat 5 Februari 2016 siang hingga malam hari mengakibatkan bencana longsor. Tanah menimbun 2 rumah milik Amat Saringat dan Rahman.

Upaya pencarian korban yang dilakukan sejak Jumat malam hingga Sabtu petang baru menemukan 5 korban yang telah dimakamkan di pemakaman umum desa setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini