Sukses

Gerhana Matahari Total 2016 dan 7 Momen Sejarah 9 Maret

Saat gerhana matahari total terjadi pada 9 Maret 2016, sejumlah momen bersejarah juga akan diperingati.

Liputan6.com, Jakarta - Langit Indonesia pada 9 Maret 2016 pagi akan gelap. Pada hari itu, matahari yang biasanya muncul sempurna akan ditutupi bulan. Sebuah fenomena langka terjadi: gerhana matahari total.

Tidak semua wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari total. Gerhana hanya melintasi 11 daerah di Indonesia serta sebagian Samudera Pasifik.

Saat gerhana matahari total terjadi pada 9 Maret 2016, sejumlah momen bersejarah juga akan diperingati. Sejarah pernah mencatat beberapa kejadian yang berlangsung pada tanggal tersebut. Berikut kejadian-kejadian bersejarah yang terjadi pada tanggal 9 Maret:

9 Maret 1908 - Berdirinya Klub Sepak Bola Inter Milan

Berawal dari rasa tidak suka atas dominasi orang-orang Inggris dan Italia di 'Klub Kriket dan Sepakbola Milan', sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang Italia dan Swiss di dalam klub tersebut memutuskan untuk memisahkan diri. Mereka lalu membentuk FC Internazionale, atau yang lebih dikenal sebagai Inter Milan di Indonesia. Belakangan, Klub Kriket dan Sepakbola Milan lebih dikenal dengan nama AC Milan.

Nama Internazionale merupakan manifestasi dari keinginan para pendiri klub yaitu membuat satu klub yang terdiri atas banyak pemain internasional. Kejadian pemisahan diri dan pendirian Inter Milan ini tercatat dalam sejarah terjadi pada 9 Maret 1908.

9 Maret 1942 - Belanda Menyerah Tanpa Syarat pada Jepang

Pada 8 Maret 1942 di Kalijati, Subang, Bandung, terjadi perundingan antara Letnan Jenderal Hein ter Poorten, Panglima Tertinggi Tentara India-Belanda, dengan Letnan Jenderal Imamura, Panglima Tertinggi Balatentara Dai Nippon. Perundingan berjalan cukup alot, pihak Belanda ingin menyerahkan wilayah Bandung dan sekitar saja dan berharap dapat menguasai daerah lain, sedangkan pihak Jepang menginginkan seluruh wilayah Belanda.

Kemudian pada 9 Maret 1942, Hein ter Poorten mengucapkan sumpah di depan Imamura sebagaimana dikutip Harian Asia Raya, 9 Maret 1943, "Penyerahan yang tiada memakai syarat suatu apapun dan yang mengenai seluruh tentara Hindia Belanda. Saat ini adalah pada tanggal 9 Maret 1942 jam 2.50 sore."

Pada malam hari 9 Maret 1942, radio Bandung menyiarkan lagu kebangsaan Belanda 'Wilhelmus' sebagai tanda Hindia Belanda menyerah kepada Jepang. Siaran radio itu ditutup dengan kalimat "Kami berakhir sekarang. Selamat jalan sampai masa-masa yang lebih baik. Hidup Sri Ratu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Boneka Barbie Dijual Pertama Kali

9 Maret 1959 - Boneka Barbie Dijual Pertama Kali
Foto: Boneka Barbie (mirror.co.uk)
Ruth Handler, salah satu pendiri perusahaan Mattel Toys, sering mengamati putrinya bermain dengan kertas gambar perempuan dewasa 2 dimensi. Saat itu, sekitar 1950-an boneka yang tersedia di pasaran Amerika merupakan boneka replika bayi. Kondisi itu membuat Ruth terinspirasi untuk membuat boneka dengan figur remaja dengan pakaian yang modis.

Saat Ruth menyampaikan ide tersebut kepada Elliot Handler, suami Ruth, dan jajaran direksi Mattel Toys, ternyata ide tersebut ditolak karena dianggap membutuhkan dana yang besar dan tidak memiliki prospek jangka panjang yang baik. Suatu ketika, saat Ruth berkunjung ke Swiss pada pertengahan tahun 1950-an, Ruth melihat boneka Jerman bernama Lili yang berbentuk gadis cantik yang terbuat dari plastik keras dengan sepatu, anting-anting serta rambut yang terikat. Lili dirancang berdasar karakter kartun terkenal Jerman, Bild.

Setelah melihat Lili, Ruth kembali ke Amerika dan membujuk suami serta direksi Mattel Toys untuk mewujudkan ide boneka 3 dimensinya. Akhirnya, untuk pertama kali, pada tanggal 9 Maret 1959 boneka hasil ide Ruth dipajang pertama kali di New York Toy Fair. Boneka tersebut diberi nama Berbie, yang terinspirasi dari nama anak Ruth, Barbara Millicent Roberts.

9 Maret 1961 - Uni Soviet Meluncurkan Pesawat Ruang Angkasa Sputnik 9

Sputnik 9 (Korbl - Sputnik 4) merupakan pesawat suang angkasa keempat dari serangkaian pesawat ruang angkasa yang dirancang oleh Uni Soviet untuk mempersiapkan penerbangan luar angkasa berawak. Saat meluncur dan mengorbit di luar angkasa pada tanggal 9 Maret 2961, pesawat ini membawa sebuah manekin kosmonot yang diberi nama Ivan Ivanovich, seekor anjing bernama Chernushka, berbagai reptil, 80 tikus dan marmut.

Ivan digunakan untuk menguji sistem komunikasi pesawat ruang angkasa dan sistem pendaratan setelah kembali ke Bumi. Dengan keberhasilan Ivan menjalankan misi dengan baik, itu berarti Uni Soviet telah siap untuk memulai misi penerbangan luar angkasa berawak.

9 Maret 1978 - Peresmian Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Pertama di Indonesia

Jalan Tol Jagorawi mulai dibangun pada 1973 dengan biaya Rp 350.000.000 per kilometer. Tol Jagorawi ini merupakan tol pertama yang dibangun di Indonesia, menghubungkan Jakarta - Bogor - Ciawi dengan panjang kurang lebih 60 Km. Pada tahun 1970-1978, sesuai dengan UU No. 32/1964 nilai tukar rupiah menganut sistem nilai tukar tetap, saat itu kurs resmi ditetapkan sebesar Rp 250 per satu Dollar AS. Kemudian pada tanggal 17 April 1970, nilai tukar Rupiah ditetapkan kembali menjadi Rp 378 per satu Dollar AS. Nilai tukar Rupiah kembali ditetapkan menjadi Rp 415 per satu Dollar AS pada tanggal 23 Agustus 1971 dan menjadi Rp 625 per satu Dollar AS pada 15 November 1978.

Saat dalam tahap pembangunan, Tol Jagorawi belum berstatus sebagai jalan tol. Ketika jalan tersebut selesai dibangun, Ir Sutami, Menteri Pekerjaan Umum kala itu, mengusulkan pada Soeharto, Presiden Indonesia kala itu, agar jalan itu dijadikan jalan tol sehingga pengoperasian dan pemeliharaan ruas jalan tersebut dapat dilakukan secara mandiri tanpa membebani anggaran pemerintah. Menindak lanjuti usulan tersebut, pada tanggal 25 Februari 1978, terbit PP No 4 Tahun 1978 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Persero yang mengurusi dan mengelola infrastruktur jalan raya. Dari situ kemudian lahir badan usaha persero PT Jasa Marga pada 1 Maret 1978.

Jalan Tol Jagorawi sendiri kemudian diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 9 Maret 1978. Pada saat diresmikan itu, Jalan Tol Jagorawi baru terdiri atas ruas Jakarta-Citeureup saja, dengan karyawan sebanyak 200 orang.

3 dari 3 halaman

Hari Musik Nasional

9 Maret 2003 - Hari Musik Nasional Indonesia
Masyarakat khususnya para musisi tanah air memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap 9 Maret tiap tahunnya.
Pada kongres ketiga tahun 1998 dan keempat tahun 2002, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan Hari Musik Nasional. Usulan tersebut kemudian disambut positif oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia saat itu, dengan mencanangkan Hari Musik Nasional di Istana Negara Jakarta pada 10 Maret 2003. Pencanangan itu ditandai dengan pemencetan tombol situs resmi PAPPRI.

Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia setelah Megawati, kemudian menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional melalui Keppres No. 10 Tahun 2013. Penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional karena merupakan hari lahir Wage Rudolf Supratman, penggubah Lagu Kebangsaan Indonesia.

9 Maret 2011 - Pesawat Ulang Alik Discovery Milik Amerika Pensiun

Pesawat Ulang Alik Discovery milik Amerika telah mengakhiri misi terakhir pada bulan Maret 2011. Pesawat tersebut kembali ke Bumi dan mendarat di Pusat Antariksa Kennedy di Florida, Amerika Serikat pada tanggal 9 Maret 2011. Segera setelah kembali, Pesawat Ulang Alik Discovey ditempatkan di Smithsonian National Air and Space Museum.

Sejak melakukan penerbangan pertama pada Agustus 1984, Pesawat Ulang Alik Discovery telah menjalani 39 kali perjalanan ke antariksa dengan total waktu 365 hari misi. Pesawat ini juga telah menyertai program antariksa NASA selama 30 tahun.

Itulah 7 momen yang tercatat dalam sejarah terjadi pada 9 Maret. Pada tahun 2016 ini, GMT yang akan melewati Indonesia akan mulai sekitar pukul 07.15 WIB dengan durasi yang berbeda-beda di tiap daerah.

Berikut durasi GMT di tiap daerah yang dilalui; Palembang (dengan lama 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palngkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), Halmahera (1 menit 36 detik).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini