Sukses

Longsor Terjang Desa di Purworejo, 7 Tewas

Longsor yang terjadi pada pukul 17.00 WIB itu menimbun 3 rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Tanah longsor menerjang Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah setelah hujan deras mengguyur pada 5 Februari 2016. Longsor yang terjadi pada pukul 17.00 WIB itu menimbun 3 rumah.

Akibatnya, 7 penghuni rumah-rumah tersebut meninggal tertimbun longsor. Seperti disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"Longsor menimbun 3 rumah di bawahnya. Tujuh orang yang tinggal di rumah tersebut tertimbun longsor," tulis Sutopo dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Sebanyak 2 dari 7 korban berhasil dievakuasi. Mereka, yakni Suprapti (45) dan Erni Yulianti (8). Petugas gabungan terpaksa menghentikan pencarian pada malam tadi lantaran hujan dan kondisi gelap. Pagi ini pencarian bakal dilanjutkan lagi.

Kelima orang yang masih tertimbun longsor, yakni:

1. Salimah (60)
2. Triyanto (9)
3. Sumini (80)
4. Fitri (16)
5. Amat Sarengat (80)

Sementara itu, hujan deras yang merata juga menyebabkan banjir setinggi 1 meter di Desa Rowobayen, Kecamatan Kutoarjo dan Desa Pucangagung Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo. Sebanyak 75 orang mengungsi di Mako Brimob Purworejo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.