Sukses

Jelang Imlek, Penjual Ikan Bandeng di Rawa Belong Diserbu Warga

Selain ukurannya yang lebih besar, ikan bandeng Imlek juga dikenal lebih gurih.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada Senin 8 Februari 2016, puluhan penjual ikan ‎bandeng mulai menjamur di tepi jalan pertigaan Rawa Belong, Jakarta Barat. Lapak pedagang ikan dadakan ini pun terus diserbu warga.

Para pembeli datang dari sejumlah wilayah di Jakarta. Yang berburu ikan bandeng berukuran besar itu tak cuma mereka yang merayakan Imlek saja.

"Banyak yang beli, ada orang Betawi asli ada yang keturunan China juga," ujar salah satu penjual ikan bandeng, Muhammad Ilham di Rawa Belong, Jakarta Barat pada Jumat malam 5 Februari 2016.

Menurut Ilham, selain ukurannya yang lebih besar, ikan bandeng Imlek juga dikenal lebih gurih. Ikan-ikan tersebut memang disiapkan untuk menyambut perayaan tahun baru warga Tionghoa ini.

"Paling gede kira-kira seberat 3 kilogram. Kalau tahun lalu saya pernah jual sampai 7 kilogram 1 ekor. Tapi tahun ini agak susah dapat yang ukuran gede. Kalau hari biasa kan paling seekor cuma setengah kilogram," tutur pria berusia 29 tahun itu.

‎Harganya pun tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan ikan bandeng di hari-hari biasa. Sebab ikan-ikan itu mendapat asupan makanan khusus sehingga menghasilkan ukuran yang lebih besar dan rasa yang lebih gurih.

"Kalau hari biasa paling harganya Rp 50 ribu per kilogram. Kalau bandeng Imlek kita jual Rp 75 ribu per kilogram. Nanti kalau pas malam‎ Imlek, harganya lebih mahal bisa sampai Rp 100 ribu per kilogram," tutur Ilham.

Ilham mengaku telah berjualan ikan bandeng Imlek sejak 3 tahun terakhir. Ia membantu menjajakan dagangan mertuanya yang telah berjualan ikan bandeng dadakan di kawasan Rawa Belong sejak puluhan tahun.

"Kami buka lapak dari kemarin (Kamis). Biasanya buka dari jam 05.00-23.00 WIB. Di sini tiap tahun pasti ada (penjual ikan bandeng Imlek)," ucap dia.

Para pedagang mendapatkan pasokan ikan bandeng tersebut dari tempat budi daya ‎ikan di kawasan Muara Angke. Selain ikan bandeng tawar, para pedagang di Rawa Belong juga menyediakan bandeng laut.

"Ikan bandeng laut juga ada, tapi agak jarang. Harganya juga pasti lebih mahal. Biasanya per kilogram bisa sampai Rp 100 ribu," ucap Ilham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.