Sukses

VIDEO: Peringatan Bepergian ke Negeri Bervirus Zika dari Kemenkes

Bagi warga negara Indonesia yang hendak berkunjung ke negara yang tengah dilanda virus Zika dianjurkan untuk melakukan upaya pencegahan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan mengeluaran peringatan bepergian menyusul ancaman penyebaran virus Zika di berbagai Negara. Hal ini sebagai upaya melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit yang bersumber dari nyamuk Aedes Aegypti.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (4/2/2016), upaya penyemprotan untuk membasmi virus Zika terus dilakukan sejumlah negara. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan mengeluarkan travel advisory sebagai upaya melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular virus Zika.

Berdasarkan data WHO, virus Zika telah menyebar ke 23 negara di benua Amerika serta beberapa kawasan Africa

Sementara negara-negara yang mengalami virus Zika, yaitu Brasil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Bagi warga negara Indonesia yang hendak berkunjung ke negara yang tengah dilanda virus Zika dianjurkan untuk melakukan upaya pencegahan.

Sementara itu, penelitian dari Universitas Airlangga, Surabaya, menyebutkan virus Zika tidak berbahaya, bahkan tidak mematikan bagi manusia.

Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin untuk virus Zika. Menteri Kesehatan berpesan agar masyarakat tetap waspada terhadap perkembangan virus Zika, namun hendaknya tidak panik.

Ancaman terbesar virus Zika diperkirakan terjadi pada ibu hamil dan bayi mereka. Kasus microchepaly atau bayi lahir dengan ukuran kepala kecil di Brasil, karena virus Zika menyebar mulai Mei tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.