Sukses

Menkeu: Bank Century Harus Diselamatkan

Menkeu dan BI memandang penyelamatan Bank Century harus dilakukan guna menyelamatkan perekonomian. Sebab, jika ditutup dapat berdampak sistemik.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah dan Bank Indonesia memandang penyelamatan Bank Century harus dilakukan guna menyelamatkan perekonomian. "Melalui analisa dan fakta dan berbagai informasi dianggap bisa berdampak sistemik, konsekuensinya kita tak bisa menutup bank itu (Bank Century)," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Selasa (1/9).

Sementara iru, Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, jika Komite Koordinasi menyatakan (Bank Century) sistemik dan harus diselamatkan, harus diselamatkan sampai selamat. "Jika tidak selamat, justru dia (Komite Koordinasi) tidak berhasil," ucap Darmin.

Walau belakangan pemerintah menyatakan Bank Century sudah kembali sehat dan bisa mencetak laba, tetapi pertanggungjawaban penggunaan dana talangan harus transparan. Ini agar kerugian triliunan rupiah kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI tidak kembali terulang.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritisi langkah penyelamatan Bank Century yang telah menghabiskan dana pemerintah sekitar Rp 6,7 triliun. Menurut Wapres, kebangkrutan Bank Century merupakan perbuatan kriminal pemilik banknya sendiri, yaitu Robert Tantular [baca: Wapres: Robert Tantular Merampok Bank Sendiri]. Selengkapnya saksikan video berita ini.(BOG/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.