Sukses

VIDEO: Air Sungai Ciliwung Merembes, Kampung Pulo Tergenang Air

Rembesan air sungai Ciliwung ini diperkirakan mengalir lewat celah saluran air.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, mengakibatkan permukaan air sungai Ciliwung meningkat. Meski tembok tanggul proyek normalisasi aliran sungai sudah tinggi, air tetap merembes ke permukiman Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (2/2/2016), kawasan Kampung Pulo adalah permukiman padat penduduk ibu kota, tepat di bibir aliran sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor membelah kota Jakarta.

Proyek normalisasi aliran sungai Ciliwung terus dikerjakan sejak 2 tahun lalu. Tanggul juga sudah berdiri di kawasan rawan banjir, sepanjang Jalan Jatinegara Barat.

Namun sifat alamiah air mengalir dari lokasi tinggi ke tempat yang lebih rendah mengakibatkan permukiman warga di RT 5 RW 2, Kampung Pulo, Jakarta Timur, tetap tergenang air dengan ketinggian bervariasi, antara 20 hingga 40 cm. Rembesan air sungai Ciliwung ini diperkirakan mengalir lewat celah saluran air.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, warga Kampung Pulo terus memperbarui informasi ketinggian debit air Bendung Katulampa, Bogor, lewat kertas pengumuman di sejumlah titik. Besar harapan warga, proyek normalisasi cepat selesai agar mereka bebas dari banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.