Sukses

Siapkan Payung, Jakarta Diguyur Hujan Pagi-Sore Seminggu ke Depan

Hujan intensitas tinggi diperkirakan turun akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan akan mengguyur Jakarta selama seminggu ke depan. Hujan diperkirakan turun saat pagi dan sore.

"Wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan mengalami peningkatan curah hujan dalam seminggu ke depan, di mana hujan cenderung berpeluang terjadi pada pagi dan muncul kembali pada sore hari," kata Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG, Mulyono R Prabowo, dikutip dari pernyataan resmi bmkg.go.id, Selasa (2/2/2016).

Menurut Mulyono, intensitas hujan bervariasi antara sedang dan lebat. Namun, intensitas tinggi diperkirakan akan turun di Jabodetabek pada akhir pekan.

"Di akhir pekan nanti di mana daerah sekitar Jabodetabek juga menunjukkan peluang hujan yang cukup tinggi," kata Mulyono.

Mengantisipasi hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai peluang cuaca ekstrem terutama bagi wilayah yang rawan terdampak pada kejadian banjir, tanah longsor, pohon tumbang, banjir bandang di daerah dataran tinggi serta fenomena lainnya yang bersifat merusak.

BMKG mengimbau kepada seluruh pengelola dan pengguna transportasi baik darat, udara, maupun laut agar lebih siaga, dengan memperbaharui informasi cuaca terkini melalui BMKG setempat.

"Dan tidak memaksakan ketika kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi berpeluang terjadi di sepanjang jalur perjalanan," imbau Mulyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.