Sukses

Ahok Tunda Bantuan Dana ke Kota Penyangga Jakarta, Ini Alasannya

Seluruh bantuan itu, kata Ahok, nantinya tetap akan diberikan kepada kota mitra sesuai proposal yang diajukan.

Liputan6.com, Jakarta - Propinsi DKI Jakarta terpaksa menunda memberikan dana bantuan ke kota mitra penyangga Jakarta seperti Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor. Sebab, kota mitra terlambat memberikan evaluasi penggunaan dana bantuan tahun sebelumnya.

"Bukan enggak jadi, tapi terlambat memasukkan ke dalam KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara) dari mitranya, terus bantuan 2015 juga belum dipakai habis," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (1/2/2016).

Seluruh bantuan itu, kata Ahok, nantinya tetap akan diberikan kepada kota mitra, sesuai proposal yang diajukan kepada Pemprov DKI Jakarta. Hanya saja, dana itu baru bisa masuk pada APBD Perubahan 2016.

"Ya kita bisa APBD Perubahan kalau mau," imbuh Ahok.

Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati sebelumnya mengatakan, bantuan kepada kota mitra Jakarta tidak bisa diproses, karena keterlambatan penyerahan evaluasi dan proposal pengajuan.

Selain itu, dana bantuan bisa diberikan asalkan pendapatan daerah meningkat. Bila tidak, anggaran akan difokuskan pada program unggulan DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini