Sukses

Kapal Kargo Oleng 'Berlayar' Menuju Pesisir Prancis

Berbagai upaya untuk menegakkan kapal berbendera Panama itu telah gagal, termasuk mendereknya di tengah ombak tinggi.

Liputan6.com, Paris - Sebuah kapal kargo yang oleng saat ini 'berlayar' menuju pesisir Prancis. Walau ada harapan bahtera tersebut bisa ditegakkan sebelum menghantam daratan, namun peluangnya kecil.

Kapal bernama Modern Express itu mulai oleng pada Selasa 26 Januari 2016 lalu, setelah mengalami kerusakan. Segenap kru, yang terdiri dari 22 orang diangkut menggunakan helikopter.

Berbagai upaya untuk menegakkan kapal berbendera Panama itu telah gagal, termasuk mendereknya di tengah ombak tinggi.

Namun regu penyelamat akan mencobanya lagi pada Senin awal Februari waktu setempat. Jika semua usaha gagal, kapal diperkirakan akan menghantam pesisir Prancis pada malam harinya atau Selasa 2 Februari pagi waktu setempat.

Pada Minggu 31 Januari, pukul 10.00 GMT, kapal itu berada 100 km sebelah barat daya Prancis, antara Kota Bordeaux dan Biarritz.

Modern Express yang memiliki panjang 164 meter dan membawa 3.600 ton kayu dan mesin penggali itu, berada pada sudut keolengan antara 40 dan 50 derajat.

Emmanuel De Oliveira di Atlantik Maritime Prefecture, mengatakan hal itu sekarang "benar-benar tidak mungkin untuk menempatkan kapal kargo tegak".

"Langkah-langkah darurat akan ditempuh jika kapal mendekati daratan mengingat sekitar 300 ton bahan bakar berada di dalam kapal. Antara lain berupa menampung bahan bakar agar tidak mencemari lautan," lapor surat kabar Sud-Ouest seperti dikutip dari BBC, Senin (1/2/2016).

Sebelumnya pada 2002, kapal tanker minyak Prestige karam di perairan bagian utara Spanyol, menumpahkan 50.000 ton minyak dan mencemari ribuan mil pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini