Sukses

Diguncang Gempa 7,3 SR, Rusia Masih Aman dari Tsunami

Bangunan di timur Rusia ternyata dibangun untuk menahan gempa berkekuatan 9 SR.

Liputan6.com, Kamchatka - Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) mengguncang timur Rusia. Sejauh ini belum ada laporan awal kerusakan atau korban. Pun dengan peringatan tsunami.

"Gempa di semenanjung Kamchatka, 109 km (67 mil) utara dari Petropavlovsk-Kamchatskiy. Gempa itu terjadi pada kedalaman relatif 153 km," kata US Geological Survey atau Badan Survei Geologi AS, seperti dikutip dari Russian Today, Sabtu (30/1/2016).

Badan Servis Geofisika Kamchatka mengatakan, daerah itu kemudian diguncang 7 gempa susulan. 5 Di antaranya berkekuatan di atas 2 SR. Sisanya 4,5 dan 5,2 SR.

 



Sejauh ini, kru penyelamat sedang mencari dan memeriksa bangunan yang kerusakan. Demikian dikutip kantor berita TASS dari juru bicara pelayanan darurat.

"Belum ada laporan kerusakan," kata Yulia Ananyeva. "Kami melihat furnitur dan pintu serta lampu-lampu gantung berayun-ayun. Kantor kami di lantai pertama."

Yulia menambahkan, bangunan di daerah itu dibangun untuk menahan gempa berkekuatan 9 SR.

Respons Warga

'Gempa' Rusia juga terjadi di media sosial. Orang-orang yang ketakutan membanjiri postingan saat merasakan gempa. Menceritakan bagaimana getaran kuat dirasakan di wilayah tersebut.

Sementara itu, orang-orang yang berada di sebuah mal saat berbelanja, buru-buru keluar saat merasa tremor dari gempa. Seorang warga di akun andre_prilepsky, memposting gambar yang menunjukkan orang menunggu di luar tanpa mantel.

"Perasaan yang tidak menyenangkan ... ketika semuanya gemetar," tulis salah satu pengguna Twitter, Ksenya Maksimova. Sedangkan lainnya mengaku "hampir mati ketakutan."

Tak sedikit pula orang-orang yang antusias dengan lindu, karena baru pertama kali merasakan.

"Cool, gempa! Televisi kami hampir jatuh!" tulis Senya Mikhaylitskaya.

"Gempa bumi, botol Bacardi pecah kami," kata Marina Brovkina sambil menyertakan gambar posting  botol minuman keras dalam posisi hancur.

Pada Instragram, warga Rusia lainnya, shamans_wood menggambarkan gempa itu memiliki gaya tersendiri yang disebutnya sebagai action Kamchatka-style. Menurut dia, gempa itu terasa berbeda-besa di berbagai bagian kota. -- dari pemandangan dan suara mobil yang berguncang, sirene meraung dan bahkan rumah yang bergetar hingga hampir tak ada efek nyata yang terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.