Sukses

AS soal Iran Terbangkan Drone di Atas Kapal Induk: Abnormal...

Foto-foto aktivitas latihan itu kemudian ditayangkan dalam siaran televisi dan mendapat pujian dari kepala staf angkatan laut Iran.

Liputan6.com, Gulf - Sebuah pesawat tak berawak milik Iran terbang persis di atas kapal induk Amerika Serikat dan memotret kegiatan latihan angkatan laut negara tersebut di kawasan Teluk. Kabar tersebut disiarkan oleh stasiun televisi nasional Iran.

Foto-foto aktivitas latihan itu kemudian ditayangkan dalam siaran televisi dan mendapat pujian dari kepala staf angkatan laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari.

"Manuver drone milik Iran itu adalah pertanda ‘keberanian, pengalaman, dan kemampuan saintifik para operator drone kami’. Unit itu membuat kami bisa berada dekat dengan Kapal Induk AS dan mengambil gambar-gambar indah pasukan pertahanan," kata Habibollah Sayyari seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (30/1/2016).

 



Dilansir dari BBC, stasiun televisi Irinn menyebut foto-foto tersebut diabadikan pada hari ketiga latihan. Namun tak ada rincian lebih lanjut mengenai waktu pengambilan gambar.

Secara terpisah, Amerika Serikat membenarkan bahwa ada drone milik Iran yang terbang di atas salah satu kapal induknya baru-baru ini.

Kepada kantor berita Reuters, juru bicara angkatan laut AS, Nicole Schwegman, mengaku drone Iran tersebut melintasi kapal induk USS Harry S Truman pada 12 Januari lalu -- hari yang sama ketika Iran menahan 10 pelaut AS lantaran memasuki perairan Iran.

Schwegman menyebut manuver drone Iran 'abnormal dan tidak profesional'.

Menurut kantor berita Irna, Angkatan Laut Iran memulai latihan awal pekan ini. Sebuah kapal selam ringan turut dilibatkan dalam latihan tersebut yang mencakup operasi pemantauan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini