Sukses

Diperbolehkan Berkumur Saat Puasa asal Tak Berlebihan

Cairan yang masuk ke dalam kerongkongan tanpa sengaja, tidak membatalkan puasa seseorang. Sebagian ulama memperbolehkan menggosok gigi saat puasa dengan catatan dilakukan sebelum matahari tergelincir.

Liputan6.com Jakarta: Ustad Subki al Bughury, menjelaskan, berkumur atau memasukkan air ke hidung saat wudu diperbolehkan. Sebagian besar ulama, kata ustad Subki, Sabtu (29/8), tidak melarang asal tak berlebihan saat memasukkannya ke dalam mulut atau hidung. Bahkan, jika ada cairan yang masuk ke dalam kerongkongan tanpa sengaja, tidak membatalkan puasa seseorang.

Imam Abu Hanifah dan Imam Malik memang berpendapat sekalipun tidak disengaja tapi tetap masuk, maka mereka akan membatalkan puasa. Agar hal ini tak terjadi saat berwudu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak memasukkan air ke dalam hidung atau mulut.

Pada bagian lain ustad Subki menerangkan tentang menggosok gigi selama berpuasa. Menurut dia, sebagian ulama memperbolehkan dengan catatan dilakukan sebelum matahari tergelincir atau sebelum zuhur. Ada juga yang berpendapat diperbolehkan sepanjang niatnya baik. "Seperti menghindari rasa bau. Memang di sisi Allah SWT bau orang yang berpuasa itu harum. Namun di sisi manusia tentu akan mengganggu," katanya. Simak secara lengkap penjelasan ustad Subki al Bughury dalam video berita ini.(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.