Sukses

‎Gerindra: Ridwan Kamil Tak Menolak Jadi Bakal Cagub DKI

Mohamad Taufik mengklaim jika 8 kandidat yang terjaring sejauh ini bersedia diusung dalam Pilkada DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra telah menjaring 8 nama yang disiapkan menjadi bakal calon (balon) Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017. Namun, hanya 4 balon yang hadir pada acara penjaringan dan menyatakan siap secara tertulis.

Mereka yang hadir yakni Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik, pengusaha Sandiaga Uno, anggota DPRD DKI Mohamad Sanusi, dan anggota DPR Biem Benyamin.

Sementara 4 kandidat lainnya, yakni ‎Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Syamsudin, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan Sekda DKI Saefullah tidak hadir karena berhalangan.

Kendati begitu, Ketua DPD‎ Partai Gerindra sekaligus balon Cagub DKI Mohamad Taufik mengklaim jika 8 kandidat yang terjaring sejauh ini bersedia diusung dalam Pilkada 2017. Sebab, 4 kandidat yang tidak hadir belum pernah menyatakan penolakan.

"Awalnya kita mengundang 750 orang representasi dari rakyat. Kemudian muncul 8 nama. Sampai hari ini belum ada yang menolak untuk dicalonkan," ujar Taufik di Hotel Sari Pan Pasific‎, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2016).

Menurut dia, Saefullah tidak bisa hadir dalam acara penjaringan ini lantaran terbentur dengan agenda di Pemprov DKI. Begitu juga Ridwan Kamil yang izin karena sedang ada acara di Bandung.

"‎Kalau Ridwan Kamil tadi pagi SMS saya, 'Kang saya ada acara di Bandung, jadi mohon maaf saya belum bisa hadir secara formal'. Ini artinya belum ada yang menolak," tutur Taufik.

Sjafrie Sibuk Kuliah S3

‎Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Penjaringan, Syarif. Ia mengatakan, bakal calon gubernur dari kalangan eksternal partai, yakni Ridwan Kamil dan Saefullah belum menolak dicalonkan oleh Gerindra. Namun, Sjafrie Syamsuddin dikabarkan enggan dicalonkan dengan alasan sedang melanjutkan pendidikan S3.

‎"Pak Sajfrie sudah mengirimkan surat ke kami, dia bilang masih sibuk studi di luar negeri," ucap Syarif.

"Kalau Pak Ridwan Kamil, beliau itu sangat halus tutur katanya. Beliau karakter yang memang ditunggu warga Jakarta. Lain waktu di kesempatan yang berbeda, karena penjaringan masih sampai Mei, maka Ridwan Kamil akan menyampaikan ketersediaannya dalam waktu dekat," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.