Sukses

Jokowi Tegaskan RI Siap Jadi Mitra Utama Pembangunan Timor Leste

Presiden Jokowi mengapresiasi dukungan Pemerintah Timor Leste atas pembangunan Pusat Budaya Indonesia di Dili.

Liputan6.com, Dili - Usai santap siang di Palacio Presidencial bersama Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Kantor Perdana Menteri (PM) Timor Leste di Dili, Selasa, (26/1/2016). ‎ Di Kantor PM ‎Timor Leste, Jokowi bertemu PM Rui Maria de Araujo.

Pertemuan diawali dengan tete-a-tete (pertemuan 4 mata) dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara pemerintah kedua negara. ‎

Dalam pertemuan tete-a-tete dengan PM Timor Leste, Presiden Jokowi memfokuskan pembicaraan pada masalah perbatasan. Presiden dan PM Araujo juga menyambut baik intensitas konsultasi baik untuk perbatasan darat maupun maritim. Jokowi juga menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra utama dalam pembangunan Timor Leste.

"Saya yakin Timor Leste juga memiliki komitmen yang sama dengan Indonesia," ucap Jokowi melalui Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana. ‎
‎
Setelah pertemuan tete a tete agenda dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi RI yang dipimpin Presiden Jokowi dan delegasi Timor Leste yang dipimpin PM Rui Maria de Araujo. Pertemuan berlangsung di kantor PM Timor Leste, Dili. Dalam pertemuan bilateral, kedua kepala pemerintahan didampingi menteri pendamping masing-masing.

Baca Juga

    Dalam pertemuan bilateral, Presiden Jokowi memfokuskan pembicaraan pada 2 hal. Yaitu kerjasama ekonomi dan people to people contact. Dalam perdagangan dan investasi, Jokowi menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra dalam pembangunan infrastruktur di Timor Leste. ‎

    Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyambut baik hasil pertemuan kedua Menteri ESDM di Bali pada 16 Januari 2016. Diharapkan hasil pertemuan itu mampu mendorong realisasi berbagai kesepakatan. Antara lain kerjasama bisnis downstream antara Pertamina dan Timor GAP EP, potensi kerjasama upstream migas dan energi terbarukan, interkoneksi jaringan suplai listrik, dan kerja sama di bidang lainnya.

    "Indonesia siap membantu Timor Leste membangun kilang LNG," kata Jokowi. ‎
    ‎
    Presiden Jokowi juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Timor Leste atas pembangunan Pusat Budaya Indonesia di Dili, Timor Leste. Sedangkan terkait masalah Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP), Presiden Jokowi menyambut baik kemajuan implementasi rekomendasi KKP tahun 2008.
    ‎

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini