Sukses

INFOGRAFIS: Survei Membuktikan, ISIS Masih Lemah di Indonesia

Survei SMRC ini menunjukan bahwa pengaruh ISIS di Indonesia masih lemah.

Liputan6.com, Jakarta Teror ISIS sampai ke Indonesia, tepatnya pada Kamis, 14 Januari lalu sebuah kelompok teror melakukan aksi peledakan bom di Jl. MH Thamrin yang menewaskan 7 orang termasuk pelaku dan puluhan lainnya luka-luka. Tak lama setelah kejadian, pihak ISIS menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas aksi brutal tersebut.

Data BNPT menyebutkan, ada lebih dari 500 WNI yang saat ini bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak. Salah satunya Bahrun Naim, yang ditetapkan sebagai dalang dari aksi peledakan bom tempo hari. Bahrun saat ini tengah berada di Suriah bersama pasukan ISIS lainnya.

Namun, hal tersebut tidak serta merta menunjukan pengaruh ISIS kuat pada warga negara Indonesia. Sebuah penelitian dari Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengatakan, ternyata hanya sebagian kecil warga Indonesia yang mendukung eksistensi ISIS di Indonesia.Selangkapnya dapat disimak dalam infografis di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini