Sukses

BMKG: Puncak Musim Hujan di Jabodetabek Akhir Januari

Hal ini disebabkan adanya siklus angin yang mengarah dari daratan Asia menuju ke wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Indonesia khususnya Pulau Jawa dan Kalimantan Selatan, akan memasuki puncak musim hujan pada akhir Januari hingga Februari.

Hal ini disebabkan adanya siklus angin yang mengarah dari daratan Asia menuju ke wilayah Indonesia.

"Khusus di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, baik Lampung bagian selatan termasuk Jawa, kondisi puncaknya di akhir Januari awal Februari. Itu secara statistik, sehingga kita perlu waspada di akhir minggu ini akan potensi hujan yang cukup lebat," jelas Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Kukuh Rubidiyanto, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (26/1/2016).

BMKG sekaligus membantah bahwa akan ada badai siklon yang melanda Indonesia seperti dalam pesan yang banyak beredar di masyarakat.

"Itu sudah kita konter, bahwa itu tidak benar. Kejadian siklon itu kalaupun ada di dekat kita, itu hanya bibitnya saja. Semakin kuat, badai siklon akan menjauhi wilayah kita," kata Kukuh.

Setelah tahun lalu mengalami El Nino yang menyebabkan kemarau yang lebih panjang, hingga akhir tahun ini Indonesia akan menyambut fenomena La Nina dengan tingkat curah hujan yang lebih tinggi. Namun, belum dapat diprediksi apakah musim hujan akan lebih panjang tahun ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.