Sukses

VIDEO: 3 Tokoh Bangsa Ini dapat Penghargaan Gus Dur Award 2016

Dalam peresmian rumah pergerakan Griya Gus Dur, turut juga diberikan penghargaan untuk tokoh bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur meresmikan rumah pergerakan Griya Gus Dur yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dalam peresmian itu, turut juga diberikan penghargaan untuk tokoh bangsa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (24/1/2016), adalah Griya Gus Dur. Rumah yang terletak di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat itu diresmikan keluarga Presiden ke-4 dengan tema Membangkitkan Negeri. Kehadiran rumah Griya Gus Dur merupakan wujud komitmen mendedikasikan rumah tersebut sebagai rumah pergerakan.

Selain peresmian rumah pergerakan Griya Gus Dur, diberikan pula Gus Dur Award 2016 kepada 3 orang tokoh. Penghargaan itu dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan, atas kiprah dan kontribusi mereka yang selaras serta sejalan dengan nilai-nilai, pemikiran, dan keteladanan Gus Dur.

Untuk tokoh politik dan pemerintahan, diberikan pada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sikap Ahok dinilai tegas dalam menegakkan konstitusi, aturan, dan melakukan penghematan dana.

2 Penghargaan lain diberikan pada tokoh agama yakni KH Mustofa Bisri dan tokoh sosial dan budaya diberikan pada Bapak Susanto atau Tanto Mendut, pengagas dan penggerak Festival 5 Gunung di wilayah Jawa Tengah.

Semasa hidupnya, Gus Dur tidak hanya dikenal sebagai Presiden RI yang ke-4. Gus Dur dikenal pula sebagai tokoh yang menghargai keberagaman, yang tercermin dalam 3 kategori Gus Dur Award 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.