Sukses

Ahok: Eks Gafatar di Jakarta Akan 'Disadarkan' Selama Ditampung

Menurut Ahok, urusan menyadarkan para eks anggota Gafatar ini akan dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Liputan6.com, Jakarta - 568 Eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tiba di Jakarta dari Pontianak menggunakan pesawat, Sabtu 23 Januari 2016. Mereka ditampung di sejumlah panti milik Kementerian Sosial sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing.

Di antara panti yang menjadi tempat transit yakni Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Panti ini dihuni 118 pengungsi, yang terdiri dari 53 orang dewasa dan sisanya anak-anak. Mereka berasal dari Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Depok, dan Bekasi. Mereka akan 'disadarkan' dalam 5 hari.

"Ya kita kasih waktu 5 hari untuk nyadarkan mereka. Kalau konsep ajarannya soal penggabungan ini tuh salah," ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Menurut dia, urusan menyadarkan para eks anggota Gafatar ini akan dilakukan Majelis Ulama Indonesia(MUI). Pemprov DKI hanya sebatas mendukung upaya pemerintah. 

Para eks anggota Gafatar dijadwalkan mengikuti program binaan wawasan kebangsaan dan agama. Para pembicara didatangkan dari MUI. Sementara, 450 pengungsi lainnya di tampung di panti sosial lain milik pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.