Sukses

Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Lava Pijar

PPGA mengimbau kepada mayarakat dan wisatawan tidak beraktivitas di kawasan gunung.

Liputan6.com, Karo - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali terjadi. Hari ini salah satu gunung tertinggi di Sumut itu kembali erupsi dan menyemburkan lava pijar. Status Gunung Sinabung saat ini berada di level 4 alias Awas.

Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PPGA) Sinabung, Deri menyatakan, pihaknya telah mencatat terjadi erupsi Gunung Sinabung pada puk‎ul 09.38 WIB pagi tadi. Sementara semburan lava pijar terjadi sekitar pukul 14.23 WIB.

"Lava pijar terjadi dengan jarak luncur 500 meter mengarah tenggara dan timur‎. Erupsi dengan tinggi kolom mencapai 1.500 meter," kata Deri di Karo, Sumatera Utara, Sabtu (23/1/2016).

Melihat tingginya aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, serta pertumbuhan kuba lava yang masih terus terjadi, PPGA mengimbau kepada mayarakat dan wisatawan tidak beraktivitas di kawasan gunung.

"Pertumbuhan kuba lava masih terus terjadi, tidak menutup kemungkinan‎ potensi erupsi dan lava pijar akan kembali terjadi," ucap Deri.

Hingga kini, sekitar 9.319 jiwa masih mengungsi di sejumlah posko yang telah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini