Sukses

600 Bus Transjabodetabek Siap Beroperasi, Ini Tarifnya

Bus yang berlabel Transjabodetabek ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan 21 Januari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Integrasi antara PT Transjakarta dengan sejumlah operator bus lainnya mulai bisa dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya. Tak lama lagi, 600 bus hasil kerja sama dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) akan beroperasi.

Bus yang berlabel Transjabodetabek ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan pada 21 Januari lalu. Ratusan bus ini terintegrasi dengan PT Transjakarta sehingga tarifnya hanya Rp 3.500.

"Berlaku tidak hanya yang berangkat dari kawasan penyangga ke Jakarta, tapi juga arah sebaliknya," kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (22/1/2016).


Sejauh ini, bus Transjabodetabek sudah beroperasi di 4 rute. Hanya saja, penumpang masih harus membayar lebih, antara Rp 8.000-10.000 bila menuju ke wilayah peyangga.

Nantinya, 600 bus ini akan melayani 16 rute baru yang bisa dinikmati masyarakat yang tinggal di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek). Warga hanya membayar Rp 3.500 karena sudah berkerja sama dengan PT Transjakarta dan menggunakan sistem rupiah per kilometer.

Rute dan tarif baru ini memang belum diketahui pasti kapan penerapannya. Semua tergantung proses kelengkapan administrasi. Bila lancar, Februari bisa langsung dioperasikan.

Berikut 16 rute baru dan 4 rute yang sudah berjalan Transjabodetabek:

Rute Bekasi:
Bekasi-Hotel Indonesia
Bekasi-Tanjung Priok
Delta Mas-Senen-Tanjung Priok
Harapan Indah-Pasar Baru (sudah berjalan)
Summarecon-Pasar Baru

Rute Depok/Bogor:
Bogor-Kota
Depok-Grogol (sudah berjalan)
Jatijajar-Ancol
Jatijajar-Dukuh Atas
Jatijajar-Pulogadung
Jatijajar-Senen

Rute Tangerang Selatan:
BSD City-Blok M
Ciputat-Blok M (sudah berjalan)
Ciputat-Kampung Rambutan

Rute Tangerang:
Kota Bumi-Senen
Poris Plawad-Ancol
Poris Plawad-Blok M
Poris Plawad-Kemayoran (sudah berjalan)
Serpong-Tanjung Priok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.