Sukses

INFOGRAFIS: Bagaimana Evolusi Target Terorisme di Indonesia?

Awal tahun 2016, Indonesia dikejutkan dengan aksi terorisme berupa ledakan bom di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun 2016, Indonesia dikejutkan dengan aksi terorisme berupa ledakan bom di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Pos polisi Sarinah menjadi salah satu target utama yang diserang oleh kelompok teroris saat itu. Tak heran, karena serangan teroris di tahun-tahun belakang memang mengincar polisi.

Seperti halnya di awal 2011, sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah Masjid Mapolrestas Cirebon. Belum lagi serangan kelompok Santoso di Poso dengan target polisi.

Berbeda jika kita melihat gerak terorisme belasan tahun silam. Tepatnya pada Desember 2000, gereja-gereja di Indonesia diteror rentetan bom menjelang peringatan malam Natal. Berselang dua tahun setelahnya, Bom Bali I meledak di sebuah kafe di Kuta dan menewaskan ratusan jiwa. Kedutaan besar tak luput menjadi target terorisme yang dulu masih didominasi oleh kelompok Jemaah Islamiyah (JI).

Sebuah pola perubahan target terorisme di Indonesia dari tahun ke tahun dapat kita simak dalam Infografis di bawah ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini