Sukses

Masjid Al-Azhar Tempat Favorit Beribadah

Masjid Agung Al-Azhar yang dibangun pada tahun 50-an jadi tempat favorit umat Islam untuk beribadah di bulan Ramadan. Masjid ini juga tempat favorit kaum perempuan yang ingin berdiam diri selama sebulan penuh di masjid.

Liputan6.com, Jakarta: Bangunan Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sedikit mirip dengan Taj Mahal di India. Ini memang karena arsitektur masjid yang dibangun pada tahun 50-an di atas lahan wakaf seluas 43 ribu meter persegi ini terinspirasi dari India dan Timur Tengah.
 
Tapak sejarah di Masjid Agung Al-Azhar dibangun selama lima tahun. Dipelopori para tokoh pergerakan Islam dari Masyumi, salat pertama digelar di masjid ini pada 1958. Sekarang Masjid Al-Azhar jadi bagian dari cagar budaya nasional.

Selama Ramadan, Masjid Al-Azhar kerap jadi tempat favorit beribadah. Menurut Abdul Rahman Gayo, Panitia Ramadan Masjid Al-Azhar, Sabtu (22/8), di tempat ibadah ini selalu digelar ceramah agama yang disampaikan para tokoh. Bahkan panitia juga menyediakan sarana untuk kaum perempuan yang ingin berdiam diri selama sebulan penuh atau itikaf di masjid. Bukan hanya itu, berkat bantuan donatur, pengurus Masjid Agung Al-Azhar menyediakan buka puasa bagi umat yang singgah. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini