Sukses

Prang Verry Pimpin Pasukan Marinir Grup 2

Kolonel TNI Marinir Prang Verry Kunto Guratmo menggantikan posisi Komandan Pasukan Marinir Grup 2 yang sebelumnya dipegang oleh Brigadir Jenderal TNI Marinir Ikin Sodikin. Komandan Marinir meminta anggaran untuk alutsista pada APBN 2010.

Liputan6.com, Jakarta: Tampuk pimpinan pasukan Baret Ungu Grup 2 berganti. Kini Komandan Pasukan Marinir Grup 2 TNI Angkatan Laut berganti dari Brigadir Jenderal TNI Marinir Ikin Sodikin kepada Kolonel TNI Marinir Prang Verry Kunto Guratmo. Acara serah terima jabatan (sertijab) tersebut digelar di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/8). Selepas jabatan ini Ikin Sodikin bertugas sebagai Kepala Staf Korps Marinir.

Prang Verry adalah lulusan TNI AL angkatan 1982. Penyandang titel sarjana hukum ini pernah menjabat sebagai Komandan Peleton Tank Amfibi sejak tahun kelulusannya 1982 dan Komandan Resimen Akademi Angkatan Laut pada 2009.

Dalam sertijab tersebut Komandan Marinir Mayor Jenderal Marinir Djunaidi Djahri menyatakan bahwa Marinir siap ditugaskan dalam bentuk apapun. Hal itu terkait dengan rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memperkuat keamanan dan pertahanan di wilayah terluar Indonesia. Namun begitu Djunaidi meminta anggaran untuk alat utama sistem senjata (alutsista) Marinir yang mesti diganti dengan peralatan baru pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010 mendatang. Maklum, sebagian besar alutsista yang ada sudah termakan usianya.

Acara sertijab kali ini turut menampilkan parade sejumlah kendaraan tempur seperti dua Sea Rider, empat truk angkut personel, roket RM70, delapan kapal amfibi, enam artileri pertahanan udara (arhanud), 14 tank PT76, dan 12 unit BTR-50 P panser amfibi.(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini