Sukses

Pentagon Rilis Video Rekaman Hancurnya 'Gudang Duit' ISIS

Liputan6.com, Virginia - Pentagon merilis video detik-detik pesawat AS mengebom gudang duit milik ISIS di Mosul, Irak. Dalam rekaman berdurasi 39 detik dan berwarna hitam putih itu, memperlihatkan bagaimana misil menghancurkan bangunan itu.

Gudang uang itu hancur lebur oleh bom sebesar 900 kilogram. Awan serpihan uang jutaan dolar itu mengangkasa. Dan ribuan uang kertas melayang-layang di udara.

Pihak resmi Pentagon mengatakan jutaan dolar telah hancur, kendati angkanya tidak bisa dikonfirmasi, seperti dilansir ABCNews, Sabtu 16 Januari 2016. Serangan udara dilakukan pada 11 Januari lalu.

Pentagon menyebut bukan kali ini saja mereka menargetkan fasilitas penyimpan uang ISIS. Namun aksi kali ini mungkin adalah yang terbesar.

Diduga, gudang duit yang kini tinggal puing tersebut menyimpan lembaran dolar AS dan mata uang negara lain, juga dinar setempat.

ISIS menggunakan sejumlah dananya untuk 'uang darah'--kompensasi atas militan yang tewas, juga untuk membayar gaji.

'Pejuang' asing adalah yang mendapat bayaran paling mahal di ISIS. Mereka digaji hingga US$ 1.000 per bulan.

Dan tak seperti Al Qaeda, ISIS memiliki wilayah teritorial. Dibutuhkan dana untuk menjamin sekolah-sekolah tetap aktif dan mendanai sistem kesejahteraan untuk menjaga loyalitas anggota.

Berikut detik-detik pengeboman 'gudang duit' ISIS dan serpihan uang jutaan dolar melayang di udara.

Video Populer

Foto Populer