Sukses

Ahok: Petugas Lihat Orang Mencurigakan, Suruh Angkat Tangan

Ahok meminta aparat tidak perlu ragu memeriksa untuk mengantisipasi serangan seperti di Jalan Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Teror bom terjadi di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis 14 Januari 2016. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta, aparat keamanan harus lebih tegas terhadap orang yang dianggap mencurigakan.

"Saya sudah bilang sama petugas, kalau lihat orang mencurigakan langsung todong saja. Suruh angkat tangan. Tangan pun mesti terbuka, dia pegang detonator atau tidak gitu loh. Kalau dia masih mau gerak tembak saja sudah. Enggak ada langgar HAM," kata pria yang kerap disapa Ahok itu di Balai Kota, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Ahok mengatakan, dulu memang banyak orang yang tidak terima bila diberhentikan di salah satu tempat untuk digeledah. Tapi perlahan stigma itu luntur seiring dengan banyaknya serangan teror.

"Sekarang orang mulai sadar nih. Kalau dulu orang merasa terhina loh. Kenapa kamu geledah saya? Setelah banyak bom di pesawat, orang mulai sadar nih. Kalau membiarkan banyak orang tidak mau digeledah, ini bahaya. Dengan kejadian ini saya harap semua aparat mulai ngerti," jelas Ahok.

Karena itu, Ahok meminta aparat keamanan tidak perlu ragu memeriksa untuk mengantisipasi terulangnya serangan di Jalan Thamrin. Dalam kondisi ini, petugas tidak usah lagi memikirkan melanggar HAM atau tidak.

"Kalau lihat orang mencurigakan suruh orang angkat tangan. Saya rasa polisi sudah sadar dengan peristiwa-peristiwa seperti itu," Ahok menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini