Sukses

VIDEO: Sejarah Ledakan Bom di Ibu Kota

Serentetan bom sempat terjadi di Ibu Kota, di antaranya bom di Bursa Efek hingga bom di kawasan Mega Kuningan.

Liputan6.com, Jakarta - Suara ledakan seketika mengguncang keheningan lalu lintas di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Salah satu jalan utama di Ibu Kota. Sejumlah orang yang panik langsung berlarian menyelamatkan diri.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (14/1/2016), sempat terdengar rentetan tembakan yang membuat sebagian orang di sekitar kawasan itu kocar-kacir karena panik.

Ledakan bom di Jakarta, bukan sekali ini saja terjadi, rentetan ledakan besar mulai mengguncang Ibu Kota pada 14 September tahun 2000.

- Bom meledak di ruang bawah tanah Bursa Efek Jakarta. Korban tewas saat itu mencapai 15 orang.

- Tahun 2003 pada 5 Agustus, bom kembali meledak di Jakarta, tepatnya di Hotel JW Marriott di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

- Bom yang merupakan bom bunuh diri ini menewaskan 12 orang seketika. Sedangkan 150 orang lainnya terluka. Bom diletakkan di dalam mobil.

- Tahun 2009, tepatnya pada 17 Juli, bom kembali meledak di kawasan Mega Kuningan. Saat itu terjadi tepatnya di sekitar Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Lagi-lagi, ini merupakan bom bunuh diri. Akibat bom tersebut 9 orang tewas, sedangkan jumlah korban luka-luka mencapai 53 orang. 

Kini, setelah beberapa tahun Jakarta aman dari serangan bom, tiba-tiba hari ini serentetan ledakan terjadi di Ibu Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.