Sukses

1 Hari Setelah Teror Paris, Pelaku Terlihat di CCTV Menuju Belgia

Salah Abdeslam dan 2 kawannya melewati 3 pos pemeriksaan polisi, namun tak ditahan karena belum ada daftar nama orang dicari.

Liputan6.com, Paris - Sebuah gambar terbaru sekaligus citra perdana pelaku teror Paris yang masih buron dirilis.

Gambar itu direkam oleh kamera CCTV pada pagi hari 14 November 2015, di sebuah pom bensin di Prancis. Itu berarti 1 hari setelah teror melanda Paris yang menewaskan 130 orang.

Dalam foto tersebut, tampak Salah Abdeslam terlihat rileks. Berjalan dengan tangan di kantong jaketnya.

Abdeslam dianggap orang yang bertanggung jawab atas logistik untuk sekelompok pria pelaku teror. Diduga, ia memanggil dua orang temannya, Mohammed Amri dan Salah Hamzah Attou dari Paris pada 14 November dini hari. Mereka diminta oleh Abdeslam menjemput dia untuk dibawa ke Belgia.

Dalam perjalan dari Paris ke Brussels,, ketiga pria itu berhenti di sebuah pom bensin dekat perbatasan Belgia kurang lebih selama 15 menit. Hal itu diketahui dalam rekaman CCTV, seperti dilansir dari BBC, Selasa (12/01/2016).

Ketiganya telah melewati tiga pos polisi. Namun, mereka tidak dihentikan oleh polisi karena Salah Abdeslam belum masuk daftar polisi.

1 Hari Setelah Teror Paris, Pelaku Terlihat di CCTV Menuju Belgia (Reuters)

Mohammed Amri dan Salah Hamzah Attou lalu menurunkan Salah Abdeslam di distrik Laeken di Brussels. Kedua pria itu ditangkap di Molenbeek keesokan harinya setelah berpisah dengan Abdeslam dan dituntut dengan pasal terorisme.

Sementara itu, Salah Abdeslam berhasil kabur.

Teror Paris dipercaya direncakan di Brussels. Polisi Belgia sejauh ini telah menahan 10 orang.

Teror Paris didalangi oleh Abdelhamid Abaaoud, warga negara Belgia. Ia dan sepupunya, Hasna Aitboulahcen, tewas dalam kepungan polisi 5 hari setelah penyerangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.