Sukses

Amit Jain: CarDekho Siap Ramaikan Pasar Jual Beli Mobil Online RI

Liputan6.com, Jakarta - Di era serba digital dan cyber seperti saat ini, lapak jual beli secara online marak bermunculan, termasuk di Indonesia. Sebut saja, lapak mobil online.

Situs jual beli mobil tak hanya dari dalam negeri, tapi juga berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan Jerman. Lapak online asal India bahkan mulai menjajaki dunia otomotif Tanah Air.

Mereka memandang, pasar otomotif Indonesia mempunyai potensi yang besar.

"Kami merasa Indonesia merupakan pasar yang potensial dari market dengan penjualan hampir 1 juta unit dengan pasar mobil bekas 1,5 juta unit," ucap bos sekaligus salah satu pendiri CarDekho, Amit Jain, saat berbincang di Studio Liputan6.com, SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menurut Jain, jumlah populasi penduduk menjadi faktor besar untuk mendongkrak pasar.

Adapun CarDekho merupakan bahasa India yang berarti mencari mobil. Nah, seperti namanya, situs ini memberikan pilihan ke pengunjung untuk mobil baru dan mobil bekas. Semuanya bisa diakses secara online.

"Pada dasarnya, data yang kami tampilkan pada situs dikumpulkan dari dealer-dealer, yang kemudian diolah untuk memudahkan konsumen mencari mobil," beber Jain.

Jain tak main-main untuk berbisnis di Indonesia. Apalagi, CarDekho sebelumnya mengembangkan bisnis di Filipina, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

"Kami menjadi salah satu perusahaan yang cukup besar di India. Kami bernilai 400 juta dolar dan memiliki 500 pekerja di grup besar kami dan di CarDekho. Saat ini kami sudah masuk ke Asia Pasifik. Indonesia menjadi fokus kami," imbuh Jain.

Ada keistimewaan CarDekho dibanding situs sejenis. "Kami punya banyak teknologi seperti Augmented Reality, yang memudahkan konsumen merasakan langsung mobil melalui aplikasi ponsel," papar Jain.

Dengan alat ini, sambung Jain, para pengunjung di lapak online seolah-olah melihat mobil secara nyata.

"Di Indonesia kita beroperasi dengan nama Carbay.co.id. Saat ini kami sedang proses kesepakatan joint venture di Indonesia," ujar Jain.

Anda penasaran seperti apa seluk-beluk CarDekho? Saksikan wawancara khusus Liputan6.com bersama CEO & Co-founder Cardekho, Amit Jain, yang dipandu Venilia Agik, berikut ini.