Sukses

Ahok Kesal Ada Debu dan Puntung Rokok di Transjakarta Scania

Ahok memerintahkan Budi memecat pegawai Transjakarta yang tidak memberikan kontribusi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kesal mengetahui ada puntung rokok di dalam bus Transjakarta Scania. Selain itu, bus buatan Swedia yang baru dibelinya itu berdebu. Gubernur yang akrab disapa Ahok ini heran dan mempertanyakan sistem pemeliharaan armada yang dioperasikan PT Transportasi Jakarta tersebut.

"Ada loh penemuan di dalamnya. Bus Scania yang baru nih, ada puntung rokok, berdebu. Saya sudah dapat fotonya. Saya sudah kesal ini, masa sih nggak bisa lap gitu loh," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2016).

Ahok mengatakan, dia sudah memberi contoh kepada pengelola bus Transjakarta untuk memberdayakan masyarakat yang sehari-hari beraktivitas di terminal bus. Misal, menawarkan anak-anak jalanan untuk membersihkan bus dengan imbalan sejumlah uang.

"Katanya pengangguran, anak-anak jalanan yang nggak sekolah mau kerja gitu (membersihkan bus), banyak. Saya sudah kasih contoh di Turki, saya bilang begitu busnya masuk stasiun paling ujung, beberapa orang langsung pakai tongkat mencuci, membersihkan luar dalam," ujar Ahok.


Petugas tampak berdiri di dalam Bus transjakarta bermerek Scania di Silang Monas, Jakarta, Senin (22/6/2015). Sebanyak 20 unit bus transjakarta bermerek Scania yang diluncurkan tepat di HUT ke-488 DKI Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dari kasus ini, Ahok berharap, Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta yang baru dilantik Budi Kaliwono, dapat mengevaluasi kinerja jajaran manajer beserta bawahannya. Ahok memerintahkan Budi memecat pegawai-pegawai yang tidak memberikan kontribusi.

"Analisa dulu manajer tingkat bawah, mana yang perlu dibuang. Enggak lucu, pegawai segitu banyak tapi pelototin bus berapa banyak yang kosong saja nggak becus," tandas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Scania

Video Terkini