Sukses

Kapolsek: Wajah Wartawan Pemukul Polisi Lebam Diamuk Massa

HR ditangkap polisi karena memukul Brigadir Sulikan saat ditegur karena lawan arah.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ‎wartawan berinisial HR (26) ditangkap aparat Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat lantaran diduga melakukan pemukulan terhadap polisi lalu lintas Brigadir Sulikan. Pemukulan terjadi di sekitar perlintasan kereta api Jalan Palmerah Selatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin malam 4 Januari 2016.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Jefri Siagian membantah jika jajarannya juga melakukan pemukulan dan penyiksaan kepada HR saat diperiksa. Menurut dia, ‎pemeriksaan dilakukan sesuai prosedur.

"Kami lakukan semuanya dari proses pemeriksaan sampai penahanan secara manusiawi. Tidak ada tindakan kekerasan seperti yang diduga-duga," ujar Jefri di Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Terkait adanya luka memar di wajah HR, Jefri berdalih jika itu akibat amukan sejumlah warga yang kesal dengan tindakan pelaku. ‎Pihaknya pun menyesali tindakan main hakim sendiri itu.

‎"Saya malah sesalkan kepada anak buah saya, mengapa mereka tak bisa menghentikan amuk massa," tutur dia.

Polisi meminta, masyarakat tidak salah persepsi dengan beredarnya foto HR yang lebam-lebam di bagian wajahnya. Jefri menegaskan, polisi selalu bekerja untuk menjadi pengayom masyarakat.

"Luka itu bukan karena ulah anggota saya. Kami selalu kedepankan aspek humanis dan menjunjung tinggi HAM dalam memproses seorang tersangka," ujar Jefri.

Jefri mengaku dirinya belum mengetahui adanya upaya pertemuan yang dilakukan perwakilan Jitunews.com tempat HR bekerja. Kendati begitu, dia mempersilakan siapa saja yang hendak mengunjungi dan memberikan bantuan hukum kepada HR.

"Sampai saat ini belum ada dari pihak media yang menghubungi saya. Silakan saja (datang). Meski begitu, tidak bisa mempengaruhi proses hukum karena alat bukti dan keterangan saksi yang menguatkan perbuatannya sudah jelas," tegas Jefri.

HR diduga melakukan pemukulan terhadap Brigadir Sulikan saat ditegur karena lawan arah di sekitar perlintasan kereta api, Palmerah Selatan, Senin sekitar pukul 22.00 WIB. Pelaku kemudian diamankan ke Mapolsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Petinggi Jitunews.com yang mengetahui informasi tersebut dari pemberitaan ‎di sejumlah media pun langsung mendatangi Mapolsek Tanah Abang. Mereka ingin mengetahui secara langsung kronologis kejadian sebenarnya.

"‎Kami dari Jitunews.com saat ini juga terus menggali informasi perihal kronologi yang sebenarnya terjadi. Apalagi dari foto yang kami dapatkan, Hizbul Ridho (HR) juga mengalami memar-memar di sekitar wajahnya‎," ucap Wapemred Jitunews.com Vicky Anggriawan dalam keterangan tertulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini