Sukses

VIDEO: Banjir Baleendah Surut, 2 Rumah Ambruk

Banjir yang sebelumnya menggenangi Kampung Cienteung Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pagi ini sudah mulai surut.

Liputan6.com, Bandung - Banjir yang sebelumnya menggenangi Kampung Cienteung Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pagi ini sudah mulai surut. Ketinggian air yang masih menggenangi di Jalan Mekarsari kini hanya berkisar semata kaki orang dewasa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (5/1/2016), dua bangunan rumah warga yang terletak di RT 004/020 Kampung Cieunteung ambruk. Hal ini disebabkan karena tiang bangunan rumah sudah lapuk akibat sering terkikis dan terendam banjir.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut karena penghuni, yaitu keluarga Asep Saefulloh dan Suminar tengah berada di lokasi pengungsian.

Meski sempat diperbaiki, tetap saja rumah warga kembali rusak akibat terjangan banjir. Mereka berharap agar pemerintah segera membeli atau merelokasi rumah-rumah tersebut. 

Agar warga bisa pindah ke lokasi yang lebih aman dan terbebas dari banjir.

Terdapat sekitar 11 kepala keluarga atau 40 jiwa lebih penduduk yang mengungsi. Sejumlah kawasan di Baleendah memang menjadi daerah langganan banjir. Selain Cieunteung, kampung lain yang kerap dilanda banjir, yaitu Andir dan Cigosol.

Selain rumah, sejumlah bangunan sekolah juga ikut dilanda banjir, sehingga beberapa kali menganggu aktivitas masyarakat dan juga siswa yang belajar. Banjir di Baleendah hingga kini belum ada solusinya.

Meskipun pemerintah melakukan normalisasi Sungai Citarum sejak 2014 lalu dan mengucurkan dana hingga ratusan miliar rupiah, banjir tetap saja terjadi di wilayah ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.