Sukses

Arus Balik Liburan, Tol Dalam Kota dan JORR Ramai Lancar

Puncak arus balik liburan panjang diperkirakan terjadi pada tengah malam nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik liburan panjang diperkirakan terjadi pada hari ini. Kendati demikian, lalu lintas di Jalan Tol Dalam Kota di Jakarta, relatif ramai lancar.

Berdasarkan pantauan di lapangan, menurut Wakil Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Eko Setio, kondisi lalu lintas di seluruh ruas Tol Dalam Kota memang masih tergolong normal.

Sejauh ini belum terlihat lonjakan kendaraan akibat arus balik liburan panjang. Eko mengatakan, ia sudah berpatroli sejak pagi ke 5 induk tol. Di antaranya, Tol Cililitan-Tanjung Priok, Tol Meruya-Bandara Soekarno Hatta, Tol Cakung-Rorotan, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Jagorawi dan JORR Cikampek.

"Arus lalu lintas masih normal. Belum ada kepadatan di Tol Dalam Kota mana pun. Saya tadi sudah berkeliling ke 5 Induk Jaya dan hasilnya belum ada lonjakan jumlah kendaraan," ujar Eko ketika dihubungi Liputan6.com, Minggu (3/1/2016).

Walau demikian, polisi tetap mempertebal penjagaan di pintu-pintu tol yang menjadi sentra masuknya kendaraan dari luar kota. Terutama, mengurai kemacetan manakala terjadi peningkatan volume kendaraan seperti di Pintu Tol Cikarang Utama dan pintu-pintu Tol Jagorawi.

Puncak Arus Balik

Eko menjelaskan, personel tambahan itu berasal dari anggota Sabhara dan Lalu Lintas masing-masing wilayah.

"Di pintu masuk dan exit (keluar) tol, tetap disiagakan personel tambahan. Ada bantuan dari Sabhara dan personel lalu lintas satuan wilayahnya," beber Eko.

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tengah malam nanti. "Kepadatan diperkirakan akan terjadi setelah jam 12 malam sampai pagi hari," tutup Eko.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, situasi lalu lintas masih ramai lancar hingga siang tadi. Di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, misalnya, terpantau ramai lancar, baik jalan tol maupun non-tol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini