Sukses

Ditemani Putranya, Jokowi Borong Ratusan Burung di Pasar Pramuka

Pasar Burung Pramuka, Jakarta Timur menjadi pasar pertama yang dikunjungi Presiden Joko Widodo di tahun 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pasar Burung Pramuka, Jakarta Timur menjadi pasar pertama yang dikunjungi Presiden Joko Widodo di tahun 2016. Dalam kunjungan mendadak itu, Jokowi memborong 190 jenis burung.  

Ratusan burung itu rencananya akan dilepas mantan Wali Kota Solo itu di Istana Bogor. Sebelumnya pada Februari 2015, Presiden pernah membeli ratusan burung di pasar Pramuka untuk dilepas di Istana Merdeka dan Istana Bogor.

Kepada Liputan6.com, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan, setalah acara keluarga, Presiden Jokowi yang rencanaya akan menuju istana, mampir lebih dulu ke Pasar Burung Pramuka, sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu (2/1/2016).

"Ya. Tanpa direncanakan sebelumnya, Presiden Jokowi ditemani putranya, mengunjungi pasar burung di Jalan Pramuka. Rencanya besok akan dilepas burung-burungnya," jelas Ari.


Menurut Ari, salahsatu tujuan dari kegiatan presiden melepas burung dan kadang ikan di sekitaran Istana Bogor, adalah ingin menjaga ekosistem alam, terutama di kawasan perkotaan yang jumlah burungnya semakin berkurang.     

"Presiden menginginkan suasana di Istana Kepresidenan Bogor menjadi lebih hidup terutama di pagi hari dengan kicauan burung. Dan di Istana Bogor, burung harus dilindungi dan jumlahnya diperbanyak," tandas Ari.

Menurut Ari burung yang dibeli di antaranya lebih banyak jenis burung kicau seperti Perkutut, Kutilang Sutra, Kutilang Biasa, Jalak Kebo, Jalak Nias, Jalak Biasa, Kapasan, Trucuk dan Puter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.