Sukses

VIDEO: Banjir Warnai Awal Tahun Berbagai Daerah Indonesia

Selain menggenangi rumah-rumah warga, sejumlah titik ruas jalan provinsi juga sempat mengalami hambatan arus lalu lintas.

Liputan6.com, Jombang - Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, hingga saat ini meluas di 5 kecamatan. Banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai karena tak mampu menahan debit air yang tinggi. Bahkan beberapa titik sungai di Jombang jebol.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (2/1/2016), mengantipasi banjir, puluhan ribu karung yang disiapkan langsung dibagikan kepada setiap permukiman yang terdampak jebolnya tanggul sungai. Akibat banjir, aktivitas warga lumpuh total.

Selain menggenangi rumah-rumah warga, sejumlah titik ruas jalan provinsi juga sempat mengalami hambatan arus lalu lintas.

Di Bangka Belitung, hujan lebat yang mengguyur Kota Sungailiat dan sekitarnya sekitar pukul 06.00 pagi tadi, membuat belasan rumah di kawasan tersebut terendam banjir. Air yang menggenang di dalam rumah warga hampir mencapai satu meter.

Warga pun hanya bisa pasrah dan mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman. Banjir juga menyebabkan pasar tradisional tutup.

Hingga kini, belum ada upaya dari pemerintah daerah untuk mengatasi banjir di kawasan ini.

Sementara di Jawa Barat, hujan yang menguyur sepanjang malam membuat Sungai Citarum meluap, hingga akhirnya merendam 120 rumah. Meski ketinggian air hanya 50 cm, namun banjir sudah menutup akses jalan Mekar Sari yang merupakan penghubung utama kampung setempat menuju Baleendah.

Tidak hanya itu, genangan air ini membuat warga harus menggunakan perahu sampan agar tetap bisa beraktivitas. Banjir di wilayah ini kerap terjadi dikarenakan kawasan Baleendah lebih rendah dibandingkan aliran Sungai Citarum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.