Sukses

Selain Mutasi 7 Kapolda, Polri Rombak Jajaran Bareskrim

Mutasi ditandatangani Wakil Kapolri Komjen Budi Gunawan. Karena saat ini Polri belum memiliki Asisten SDM.

Liputan6.com, Jakarta Selain mutasi tujuh Kapolda, Mabes Polri juga merombak Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) yang dipimpin Komisaris Jenderal Anang Iskandar.

Rotasi perwira menengah dan tinggi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015 dan ST/2719/XII/2015 juga tertanggal sama.

Rotasi dilakukan terhadap Brigadir Jenderal (Brigjen) Carlo Brix Tewu yang menjabat Direktur Tindak Pidana Umum (Tipidum) menjadi Perwira Tingi SDM Polri. Mantan Kapolda Sulut ini selenjutnya dipersiapkan untuk penugasan di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Posisi Carlo akan diisi oleh ‎Brigjen Agus Andrianto yang malang melintang di Direktorat Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Posisi Direktur Tindak Pidana Narkoba juga berganti. Brigjen Anjan Pramuka Putra yang menduduki kursi tersebut selanjutnya ditempatkan di BNN. Posisi Anjan diisi Brigjen Antam Novambar yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Biro Pengawasan Penyidik PNS.

Antam juga malang melintang bertugas di Direktorat Pencegahan Badan Nasional Penanggulanan Terorisme (BNPT). Posisi Antam selanjutnya diisi Kombes Dharma Pongrekun yang menjabat Wakil Direktur Tipidum Bareskrim Polri.

Kombes Andap Budhi Revianto yang saat ini menjabat Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim, diangkat menjadi Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipidter).

Rotasi juga dilakukan di jajaran Kepala Sub Direktorat Bareskrim. Kombes Helmy Santika yang menjabat Kepala Sub Direktorat I (Industri dan Perdagangan) Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipid Eksus) digantikan oleh Kombes Sandi Nugroho selaku Kepala Sub Direktorat I Tipidter yang membawahi pidana perlindungan konsumen, kesehatan, dan satwa langka. Helmy selanjutnya menjabat Kapolresta Barelang, Batam.

Rotasi di Polda Metro Jaya

Sementara itu, perombakan di struktur juga terjadi di jajaran Polda Metro Jaya. Kapolres Metro Jakarta Timur yang dijabat Kombes Umar Faroq kini dijabat Kombes Mohamad Agung Budijono yang saat ini menjabat Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya. Sementara Umar yang juga besan Kapolri ini menjabat Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Jabar.

Pergeseran juga dilakukan terhadap Kapolres Metro Jakarta Utara yang saat ini dijabat Kombes Susetio Cahyadi. Posisi tersebut akan diisi Kombes Daniel Bolly Tifaona. Susetio selanjutnya mengisi kursi Kabagrenmin Divisi Hubungan Internasional Polri.

Kursi Direktur Intelijen Keamanan Polda Metro Jaya yang dijabat Kombes Suntana akan segera diisi oleh Kombes Mamat Surahmat yang saat menjabat Direktur Intelkam Polda Jawa Tengah. Kombes Suntana dirotasi sebagai Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini