Sukses

Tahun Baru, Polri Mutasi 7 Kapolda

Selain kapolda, jabatan direktur di Bareskrim Polri turut dimutasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti memberikan 'hadiah' Tahun Baru 2016 kepada beberapa perwira menengah dan tinggi di lingkungan kepolisian. 7 Di antaranya adalah kapolda, baik itu polda tipe A yang dijabat jenderal bintang 2 (inspektur jenderal) atau tipe B yang dijabat jenderal bintang 1 (brigadir jenderal).

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor 2718_2719/XII 2015, tertanggal 31 Desember 2015. Berkas mutasi ditandatangani Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan mewakili Kapolri. Surat ini diteken Wakapolri lantaran Polri belum memiliki Asisten SDM Kapolri sepeninggal Irjen Haka Astana yang pensiun.

"Kapolda Maluku yang sebelumnya dijabat Brigjen Murad Ismail, beralih kepada Brigjen Ilham Salahudin yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumatera Utara. Brigjen Murad dipromosikan memegang komando Korps Brimob Polri, jabatan yang disandang jenderal bintang 2 Polri," demikian keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (1/1/2016).

Selanjutnya, Irjen Iza Fadri yang duduk di kursi Kapolda Sumatera Selatan dimutasi menjadi Staf Ahli Kapolri bidang Sospol. Kursi yang ditinggal Iza akan dijabat Irjen Djoko Prastowo, yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri.

Kapolda Jambi yang dijabat Brigjen Lutfi Lubihanto menggantikan posisi Irjen Djoko Prastowo. Posisi Lutfi akan diisi Brigjen Musyafak yang menjabat Wakapolda Jawa Tengah.

Sementara, Kapolda Sumatera Barat yang dijabat Brigjen Sri Herwanto akan dialihkan ke Brigjen Basarudin yang menjabat Karo Watpers SSDM Polri. Adapun Sri Herwanto akan menjabat Direktur Program Pascasarjana PTIK-STIK.

Selain itu, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dijabat Brigjen Endang Sunjaya akan beralih ke Brigjen E Widyo Sunaryo yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri.

Pun demikian Brigjen Edward Syah Pernong yang memegang tongkat komando Polda Lampung, akan melepaskan tongkatnya kepada Brigjen Ike Edwin yang menjabat Wakil Kapolda Sulawesi Selatan-Barat.

Sementara itu, Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) yang dipegang Brigjen Arman Depari, akan diisi oleh Brigjen Sambudi Gusdian. Arman akan mengisi posisi Deputi Pemberantasan BNN menggantikan Irjen Deddy Fauzi el Hakim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini