Sukses

Polisi Bersepatu Roda Siaga Urai Macet Tahun Baru di Kota Ini

Mereka sengaja ditempatkan di pusat keramaian. Total ada 817 personel.

Liputan6.com, Balikpapan - Ada cara unik untuk mengurai kemacetan saat perayaan Tahun Baru di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Polisi-polisi di sana menggunakan sepeda motor untuk menembus kepadatan dan mengatur lalu lintas kendaraan.

Mereka sengaja ditempatkan di pusat keramaian. Total ada 817 personel. Seperti diungkapkan Kepala Polres Balikpapan Ajun Komisaris Besar Jefrri Dian Jumarto.

"Kami tugaskan polisi bersepatu roda di titik-titik kemacetan Balikpapan," kata Dian di Balikpapan, Kaltim, Kamis (31/12/2015).

Jefrri menyebutkan, titik kemacetan di Balikpapan biasanya terjadi di sepanjang Jalan Sudirman. Warga Balikpapan biasanya menghabiskan waktu Tahun Baru di sepanjang jalan utama yang berbatasan langsung dengan pantai setempat.

Para polisi bersepatu roda ini tidak dilengkapi senjata api. "Mereka cuma bawa radio komunikasi untuk koordinasi saja. Tugasnya mengatus lalu lintas di malam pergantian tahun," tutur dia.

"Saya hanya mengimbau agar warga Balikpapan tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun nanti. Petugas kami akan menindak tegas prilaku yang menganggu ketertiban masyarakat," tutur Jefrri.

Jefrri berjanji akan membubarkan paksa aksi balapan liar dan aktivitas mengonsumsi minuman keras di lokasi umum Balikpapan. Personel Polres Balikpapan sepanjang malam akan berpatroli memantau seluruh lokasi berkumpulnya massa pada malam Tahun Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.