Sukses

'Kamerad' Tangan Kanan Kim Jong-un Tewas Mendadak

Pemimpin Korut Kim Jong-un akan memimpin pemakaman kenegaraan untuk Kim Yang-gon.

Liputan6.com, Pyongyang - Pejabat Korea Utara sekaligus 'tangan kanan' Kim Jong-un, Kim Yang-gon tewas mendadak dalam kecelakaan lalu lintas.

"Kamerad Kim Yang-gon, Sekretaris Partai Buruh dan Anggota Komite Sentral Politbiro, meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada pukul 06.15, Selasa, pada usia 73 tahun," demikian dikabarkan kantor berita Korut, KCNA, tanpa memberikan rincian data, seperti dikutip dari BBC, Kamis (30/12/2015).

KCNA menyebut mendiang sebagai, 'Kamerad terdekat Kim Jong-un dan partner solid revolusioner'.

Pemimpin Korut bahkan akan memimpin pemakaman kenegaraan untuk Kim Yang-gon.


Kim Yang-gon menjadi bagian dari delegasi tingkat tinggi Korut yang dikirim ke Korsel pada Agustus 2014 untuk membantu meredakan ketegangan dua Korea. Bersama dengan Hwang Pyong-so dan Choe Ryong-hae, ia datang ke Selatan.

Selain menghadiri upacara penutupan Asian Games, delegasi yang terdiri atas 3 pejabat penting Pyongyang melakukan pembicaraan dengan petinggi Korsel.

Kepala Keamanan Nasional Korsel, Kim Kwan-jin (kedua kiri) berbincang dengan ajudan militer Korut Hwang Pyong  saat pertemuan terkait penanaman ranjau darat di Zona Demiliterisasi, di Istana Presiden Korsel, Selasa (25/8/2015). (REUTERS/Yonhap)


Dalam pertemuan tertutup kala itu, dua Korea sepakat untuk menghidupkan kembali pertemuan formal tingkat tinggi yang secara efektif dihentikan pada Februari lalu. Kedua belah pihak juga setuju mengadakan pembicaraan kembali dalam hitungan minggu.

Kunjungan saat itu mengarah ke spekulasi bahwa negara paling menutup diri di dunia tersebut sedang berusaha menjalin hubungan dengan pihak Selatan, meski dua negara secara teknis masih berperang. Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai seperti semestinya.

Kabar liar menyebut, sang pemimpin muda Korut Kim Jong-un dikudeta. Ada juga yang bilang ia sakit (KCNA)



Juga dilakukan di tengah sepekulasi tentang kesehatan Kim Jong-un. Bahkan isu kudeta yang belakangan tak terbukti. Generasi ketiga 'dinasti' Kim masih memimpin Korut.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini