Sukses

Paspampres Jamin HUT RI di Istana Aman

Paspampres menjamin keamanan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-64 Republik Indonesia di Istana Negara.

Liputan6.com, Nusa Dua: Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) siap menjamin keamanan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-64 Republik Indonesia. Paspampres siap menjamin keamanan kepala negara dan juga para undangan. Peringatan 17 Agustus ini rencananya akan dihadiri undangan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Tujuh belas Agustus kali ini akan digelar kegiatan-kegiatan di Istana sama seperti tahun-tahun lalu. Tentunya kita juga mengharapkan undangan akan banyak, tetapi kita juga menjamin keamanan mereka. Menjamin keamanan mereka di Istana adalah tanggung jawab Paspampres," tutur Komandan Paspampres Mayjen TNI Marciano Norman kepada ANTARA, Senin (10/8).

Menurut Marciano, pihak rumah tangga Istana telah mengatur distribusi undangan dengan mempertimbangkan keamanan Istana demi kelancaran kegiatan. Paspampres pada peringatan hari kemerdekaan juga bekerja sama dengan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya supaya semua kegiatan berjalan lancar.

Terkait dengan pengungkapan rencana kelompok teroris yang ingin menyerang kediaman pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Marciano mengatakan, pihaknya terus mengevaluasi segala kemungkinan ancaman yang dapat terjadi. Sementara untuk operasional, kata Marciano, Paspampres tidak bekerja sendirian, tetapi juga bekerja sama dengan pengamanan wilayah tempat Presiden beraktivitas.

"Saya selaku Danpaspampres bertanggungjawab pada ring satu, sedangkan di luar juga melaksanakan evaluasi pengamanan yang sama. Jadi kalau ancamannya meningkat, mulai dari lapisan ketiga, kedua, lalu ke kita juga pengamanannya meningkat. Kita tergantung saja, kita up and down lah," ungkap Marciano.(JUM/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.