Sukses

Wamena Pulih

Situasi di Wamena berangsur-angsur pulih. Identitas para pelaku dan korban berhasil diketahui. TNI-Polri menguasai keadaan.

Liputan6.com, Wamena: Setelah sebelumnya dilanda kerusuhan, Minggu (8/10), situasi Kota Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Irianjaya, mulai berangsur pulih. Sejauh ini, situasi sudah dapat dikuasai aparat keamanan gabungan Kepolisian RI dan TNI. Mereka diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban.

Menurut Kepala Pusat Pengendalian Operasi Kepolisian Daerah Irianjaya Senior Superintendent M Kusnadi, jumlah korban meninggal sebanyak 40 orang, terdiri dari enam putra daerah dan 34 pendatang. Sembilan korban di antaranya belum dapat di identifikasi. Sedangkan, korban luka sedikitnya 25 orang. Mereka, saat ini, dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wamena.

Selain itu, aparat keamanan, sejak Sabtu malam kemarin, telah menangkap 59 tersangka yang diduga terlibat aksi kerusuhan. Namun, setelah diperiksa, 15 tersangka dinyatakan sebagai pelaku pembunuhan dan pembakaran. Sedangkan, sisanya dilepas dengan kewajiban melapor.(AWD/BMA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.