Sukses

Lagi, Penumpang Kereta Gagal Berangkat karena Salah Pahami Jadwal

Ada 42 penumpang KA Kutojaya Utara Tambahan yang kembali gagal naik kereta api karena tanggal keberangkatan pada tiketnya tidak sesuai.

Liputan6.com, Purwokerto - Setelah 33 penumpang KA Kutojaya Utara Tambahan gagal naik kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah karena salah memahami tanggal keberangkatan pada tiket pada tanggal 24 Desember lalu, kini kejadian serupa terulang.

Ada 42 penumpang KA Kutojaya Utara Tambahan tujuan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat yang kembali gagal naik kereta api karena tanggal keberangkatan pada tiketnya tidak sesuai. Peristiwa ini terjadi saat keberangkatan Minggu malam.

Mereka salah memahami tanggal keberangkatan KA. Jadwal keberangkatan KA Kutojaya Utara Tambahan dari stasiun Purwokerto adalah jam 00.06 WIB yang berarti sudah masuk ke tanggal esok harinya.

"Mudahnya jika tanggal keberangkatan pada tiket hari Minggu tanggal 27 (Desember 2015), calon penumpang KA ini harus berangkat dari rumah ke stasiun hari Sabtu tanggal 26 (Desember 2015) malam, bukan berangkat dari rumah tanggal 27. Karena jam keberangkatan KA adalah tanggal 27 pukul 00.06 WIB (dini hari)," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, Minggu (27/12/2015).

Ia mengatakan, tanggal keberangkatan KA Kutojaya Utara Tambahan tujuan Pasar Senen memang akan berbeda antara dari Stasiun Kutoarjo dan Purwokerto. Misalnya, keberangkatan dari Kutoarjo tanggal 27 (pukul 21.20 WIB), KA ini ketika berangkat dari Stasiun Purwokerto sudah masuk tanggal 28 (pukul 00.06 WIB).

Semua perihal jadwal keberangkatan tersebut mulai dari hari, tanggal, jam sudah tercetak pada tiket. "Penumpang harus memahami jadwal berangkat mulai pukul 00.00 WIB, berarti sudah masuk ke tanggal berikutnya," ucap Surono.

Ditambahkan, saat pemesanan tiket di loket stasiun, petugas dipastikan memberikan penjelasan detail tentang waktu keberangkatan tentang hari, tanggal dan jam keberangkatan. "Kemungkinan ini pembelian tiket lewat jalur eksternal," ujar Surono.

Di Stasiun Purwokerto sendiri ada 2 KA lain selain KA Kutojaya Utara Tambahan yang jadwal berangkatnya di sekitar pergantian tanggal. Masing-masing KA Bima jadwal berangkat pukul 00.30 WIB dan KA Argo Dwipangga Tambahan jadwal berangkat pukul 01.00 WIB dini hari.

Untuk calon penumpang pemegang tiket 3 kereta api ini harus mencermati tanggal keberangkatan. "Patokannya, saat berangkat dari rumah ke stasiun mundur 1 tanggal dari tanggal di tiket," tutup Surono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini