Sukses

Arus Balik Libur Natal: Tol Cipularang Padat, Jagorawi Lengang

Ratusan polisi pun dikerahkan untuk mengurai kemacetan akibat lonjakan kendaraan arus balik ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga berduyun-duyun kembali ke Jakarta setelah menghabiskan liburan Natal 2015. Puncak arus balik libur Natal diprediksi terjadi pada Minggu ini hingga Senin pagi besok. Ratusan personel polisi pun dikerahkan untuk mengurai kemacetan akibat lonjakan kendaraan arus balik ini.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, arus lalu lintas di Tol Cipularang yang menghubungkan Bandung-Jakarta saat ini terpantau padat. Pantaun melalui udara di Tol Cipularang dilakukan sekitar pukul 17.00 WIB.

"Arus balik saat ini terpantau paling padat di Tol Cipularang. Itu karena musim libur Natal telah usai," ujar Condro usai memantau arus lalu lintas menggunakan helikopter di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Minggu (27/12/2015).

Tak hanya di Cipularang, lalu lintas juga terpantau padat di Tol Cikampek yang menghubungkan Jakarta dengan sejumlah wilayah di Jawa Barat. Bahkan, kata Condro,‎ lonjakan kendaraan di Tol Cikampek diprediksi akan semakin tinggi pada malam hari.

"Terjadi peningkatan kendaraan di Tol Cikampek. Bahkan peningkatan akan semakin melonjak karena kendaraan dari Bandung dan Jawa Barat mulai memasuki Tol Padaleunyi. Semua arus akan bertemu di Cikampek," papar dia.

Sementara itu, pemandangan berbeda ‎justru terjadi di Tol Jagorawi yang menghubungkan Bogor-Jakarta. Lalu lintas kendaraan dari arah Puncak, Bogor, Jawa Barat menuju Jakarta masih terpantau lancar. Kendati begitu, tol tersebut diprediksi akan dipadati kendaraan pada malam hari.

"Tol Jagorawi masih lancar. Kemungkinan malam pukul 19.00 WIB baru terjadi lonjakan kendaraan," ‎tandas Condro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini